Selasa, 19 Agustus 2014

Program Kerja Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah NW Londar



BAB I
PENDAHULUAN
I.              DASAR
1.       Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang keuangan Negara ;
2.       Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional ;
3.       Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Pra Sekolah ;
4.       Peraturan pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang pendidikan dasar ;
5.       Peraturan pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah ;
6.       Keputusan Presiden No. 177 Tahun 200 tentang susunan organisasi dan tugas departemen, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Kepres No. 82 tahun 2001 ;
7.       Keputusan Menag Nomor 368 tahun 1993 tentang penyelenggaraan Madrasah Ibtidaiyah
8.       Keputusan Menag nomor 369 tahun 1993 tentang penyelenggaraan Madrasah Tsanawiyah ;
9.       Keptusan Menag Nomor 370 tahun 1993 tentang Penyelenggaraan Madrasah Aliyah
10.   Keputusan Menag Nomor 373 tahun  2002 tentang organisasi dan tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kabupaten/Kota
11.   Keputusan Mendiknas RI Nomor 084/U/2002 tentang perubahan system catur wulan menjadi semester ;
12.   Keputusan Mendiknas RI Nomor 125/U/2002 tanggal 20 April tentang Kalender Pendidikan dan jumlah hari belajar efektif di sekolah/madrasah ;
13.   Keputsan Mendiknas RI Nomor 051/U/2002 tanggal 20 April 2002 tentang penerimaan siswa pada TK dan sekolah/madrasah ;
14.   Keputusan mendikbud Nomor 036/U/1995 tentang pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar  ;
15.   Keputusan mendiknas Nomor 044/U/2002 tentang dewan pendidikan dan komite sekolah
16.   Keputusan mendiknas Nomor 060/U/2002 tentang pedoman pendirian sekolah  ;
17.   Keputusan Kakanwil Depag./Kabid. Mapendaisum Prov. Nusa Tenggara Barat Nomor : KW.19.4/1/PP.00/984/2006 Tanggal 16 Juni 2006 tentang petunjuk dan pedoman penyusunan pelaksanaan kalender pendidikan Tahun Pelajaran 2006/2007 bagi Madrasah-Madrasah dalam lingkungan pembinaan Kanwil Depag. Prov. NTB ;
18.   Keputusan Rapat Dewan Guru dan Staf Tata Usaha pada MTs. Nurul Hidayah NW Londar Nomor : 98/ MTs.NW/VII/2013 Tanggal 15 Juli 2013 ;
II.            MAKSUD DAN TUJUAN
1. MAKSUD
a. Program kerja ini disusun dengan maksud untuk meberikan petunjuk dan arahan      bagi pelaksanaan seluruh kegiatan madrasah pada tahun palajaran   2013/2014 ;
b. sebagai bahan kontrol dan evaluasi dari kegiatan kegiatan madrasah
c. sebagai tolak ukur untuk menilai hasil yang dicapai
d. sebagai sarana untuk pengambilan keputusan dan kebijaksanaan pimpinan
2. TUJUAN
Agar target yang telah ditetapkan untuk tahun pelajaran 2013/2014 dapat dicapai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan
III.       SISTEMATIKA PROGRAM
            BAB.  I                       PENDAHULUAN
1.       Dasar
2.       Maksud dan Tujuan
3.       Sistematika Program
BAB.   II                      GAMBARAN UMUM YANG INGIN DICAPAI DALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014
BAB.    III                   POKOK-POKOK PROGRAM KEGIATAN TP. 2013/2014
1.       Program Umum
2.       Program Kurikulum
3.       Program Kesiswaan
4.       Program Ketenagaan
5.       Progran Sarana dan Prasarana
6.       Program Keuangan
7.       Program Humas dan Kesejahteraan
8.       Program Pelaporan
            BAB IV                      PENUTUP
1.       Harapan yang ingin dicapai
2.       Himbauan kepada seluruh Civitas Madrasah
LAMPIRAN-LAMPIRAN\
1.       Matrik Program Kerja Tahun Pelajaran  2013/2014
2.       Analisa Kalender Pendidikan TP. 2013/2014
3.       Struktur Organisasi Madrasah, Pembagian Tugas Guru dan Staf
4.       RAPBM Tahun Anggaran 2013/2014  dari anggaran, BOS, dan sumbangan lainnya yang sah.
5.       Tata terbib Kepala, Wakil Kepala Madrasah, Wali Kelas, Guru dan Staf Tata Usaha, siswa, Laboraturium, Multi Media dan Perpustakaan




























BAB  II
GAMBARAN UMUM YANG INGIN DICAPAI
I. JANGKA PANJANG

A.      SASARAN/TUJUAN SITUASIONAL

TAHUN  2013/2014
  1. Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35 pertahun
a.  Membeli buku-buku pelajaran kelas I – III untuk 4 (empat) mata pelajaran yaitu: bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika serta buku pedoman guru.
b.      Membeli alat bantu pembelajaran/alat peraga seperti: Peta, globe, Torso, dll.
  1. Pemberian beasiswa kurang mampu kepada 7 (tujuh) siswa.
  2. Peningkatan profesionalisme guru.
  3. Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga.
a.       Membeli alat-alat olahraga.
b.      Membeli perangkat alat-alat ketrampilan dan kesenian.
  1. Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR).
  2. Merehabilitasi 3 ruang kelas.
    TAHUN  2014/2015
1.  Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35 pertahun
a.  Membeli buku-buku pelajaran kelas I – III untuk 3 (tiga) mata pelajaran yaitu: bahasa Indonesia, IPA dan Matematika serta buku pedoman guru
b.  Membeli alat bantu pembelajaran/alat peraga seperti: Peta, globe
2.  Pemberian beasiswa kurang mampu kepada 8 (delapan) siswa
3.  Peningkatan profesionalisme guru 
4.  Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga
a.      Membeli alat-alat olahraga
b.      Membeli perangkat alat-alat ketrampilan dan kesenian
5.  Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
6.  Melanjutkan rehabilitasi 5 ruang kelas dan Unit yang lainnya.
TAHUN 2015/2016
1.  Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35 pertahun
a.  Membeli buku-buku pelajaran kelas I – III untuk 3 (tiga) mata pelajaran yaitu: bahasa Indonesia, IPA dan Matematika serta buku pedoman guru
b.   Membeli alat bantu pembelajaran/alat peraga seperti: Peta, globe
2.  Pemberian beasiswa kurang mampu kepada 8 (delapan) siswa
3.  Peningkatan profesionalisme guru 
4.  Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga
5.  Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
6.   Terpenuhinya Ruang Belajar dan Perlengkapan kelas
TAHUN 2016/2017
1.           Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35 pertahun
2.           Peningkatan profesionalisme guru 
3.           Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga
4.           Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
TAHUN 2017/2018
1.       Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35 pertahun
2.       Peningkatan profesionalisme guru
3.       Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga.
4.       Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
D.      IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI YANG DIPERLUKAN SETIAP SASARAN
Dari hal – hal yang dikemukakan diatas maka dapat diidentifikasi fungsi-fungsi yang diperlukan oleh setiap sasaran sebagai berikut :
SASARAN I
Peningkatan prestasi belajar siswa.sebesar 0.35 per tahun
Fungsi PBM
  1. Faktor Internal
a.       Ketenangan
-          Jumlah guru bidang studi/kelas memadai
-          Kualifikasi guru belum memadai
-          Motivasi guru cukup tinggi
-          Pemanfaatan waktu cukup efektif
-          Pemanfaatan waktu pembelajaran kurang bervariasi
b.      Kesiswaan
-          Kehadirannya memadai
-          Motivasi belajar cukup tinggi
-          Perilaku siswa cukup disiplin
-          Kesiapan belajar cukup siap
c.       Sarana dan prasarana
-          Ruang kelas kurang memadai
-          Sarana dan Prasarana serba kurang
-          Lingkungan sekolah kurang nyaman
2. Faktor Ekternal 
-          Dukungan orang tua
-          Hubungan dengan masyarakat dengan lingkungan sekolah
-          Kemampuan orang tua siswa
SASARAN 2
Pemberian beasiswa kurang mampu kepada 20 orang siswa
1. Fungsi PBM
a.       Faktor Internal
-    Kemampuan siswa
-    Pemberdayaan siswa
-    Kesiapan siswa
-    Kehadiran siswa
b.      Faktor Eksternal
-    Kesadaran orangtua
-    Dukungan sosial lingkungan keluarga
-    Dukungan lingkungan masyarakat
2.  Fungsi Pendukung PBM (keuangan)
a.       Faktor Internal
-    Keperluan sekolah
-    Dana sekolah
-    Absensi siswa
b.      Faktor Eksternal
-   Yatim Piatu
-    Kurang beruntung
-    Keluarga broken home
SASARAN 3
Peningkatan profesionalisme guru dalam penguasaan KBM dan metodolgi mengajar
1. Fungsi Ketenagaan
a.       Faktor Internal
-  Motivasi guru
-  Partisipasi/inisiatif guru
-  Mengoptimalkan fungsi KKG
b.      Faktor Eksternal
-  Dukungan sekolah/kepala sekolah
-  Kontrol dan sangsi
-  Frekuensi pertemuan
2.Fungsi Pendukung sarana
a.       Faktor Internal
-    Keadaan saran
-    Kondisi interen guru
-          Bantuan sekolah/kepala sekolah terhadap keberadaan KKG
b.      Faktor Eksternal
-   Bantuan dari dinas
-   Koordinasi/pengawasan dari dinas
3. Fungsi pelatihan
a. Faktor Internal
-  Latihan guru
-  Pertemuan rutin
-  Waktu pertemuan/latihan
-  Materi dalam pertemuan
b.Faktor Eksternal
-  Pelatih/supervisor
-  Kebijakan
-  Penghargaan
  1. Fungsi keuangan
a.       Faktor Internal
-  Anggaran khusus pelatihan
-  Kemampuan sekolah
-  Dukungan lomite sekolah
b.      Faktor Eksternal
-  Anggaran dinas
-  Partisipasi masyarakat
SASARAN 4
Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga
1. Fungsi Pendukung PBM
a.       Faktor Internal
-  Pemberdayaan siswa
-  Kemampuan siswa
-  Kesiapan siswa
b.      Faktor Eksternal
-   Lingkungan sekolah
-   Lingkungan keluarga
-   Lingkungan masyarakat
2.Fungsi Ketenagaan
a.       Faktor Internal
-   Kemampuan guru
-   Kesiapan guru
-   Motivasi guru
b.      Faktor Eksternal
-   Pengalaman guru
-   Fasilitas pengembangan diri
3. Fungsi Sarana dan Prasarana
a. Faktor Internal
-   Jumlah alat dan media pramuka
-   Jumlah alat kesenian kasidah
-   Jumlah alat olah raga
-   JumlahTenaga pelatih
b.Faktor Eksternal
-   Lingkungan sekolah
-   Lingkungan masyarakat
-   Pengembangan bakat
  1. Fungsi keuangan
a.       Faktor Internal
-   Dana sekolah
-   Keperluan dan sarana ekstrakurikuler
-   Transport tenaga pelatih
-   Biaya pertandingan
b.      Faktor Eksternal
-   Dukungan sekolah                             
-   Dukungan orangtua
-   Dukungan masyarakat
SASARAN 5
Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
 Faktor pendukung
a.       Faktor Internal
-  Prestasi belajar siswa tinggi
- Motivasi siswa, tinggi
-  Sarana pendukung tersedia
b.      Faktor Eksternal
-  Motivasi Guru tinggi
-  Dukungan orang tua dan Komite sekolah tinggi
SASARAN 6
Terpenuhinya ruang belajar dan perlengkapannya
 Faktor pendukung
c.       Faktor Internal
-  Kondisi bangunan
- Kondisi perlengkapan (meja, kursi, papan tulis dan lemari sangat kurang)
-  Kenyamanan belajar kurang nyaman
d.      Faktor Eksternal
-  Keadaan ekonomi orangtua lemah
-  Dukungan orangtua dan komite sekolah

E.       ANALISIS SWOT


Tabel 1 : Peningkatan Prestasi Belajar Siswa
Fungsi dan Faktornya
Kondisi
Ideal
Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan Faktor

Siap
Tidak
A. Fungsi PBM




1. Faktor Internal




a.      Motivasi belajar siswa
b.      Pemberdayaan siswa
c.       Kehadiran siswa
d.      Kesiapan siswa
Tinggi
Tinggi
Tinggi
 Siap
Cukup tinggi
cukup
cukup
siap
Ö
-
Ö
Ö
-
Ö
-
-
2. Faktor Eksternal




a.    Dukungan orangtua
b.    Dukungan lingkungan sosial
c.    Lingkungan fisik sekolah
Tinggi

Tinggi

Aman&nyaman
Kurang
Kurang
cukup
-
-
-
Ö
Ö
Ö
B. Fungsi Ketenangan




1.      Faktor Internal
  1. Jumlah guru
  2. Kualifikasi Pendidikan guru
  3. Profesionalisme guru
  4. Jumlah jam mengajar
  5. Fasilitas mengajar
  6. Guru Pel. Olah raga

Lengkap
Memadai
Memadai
6 jam/kelas
Tersedia
ada

lengkap
memadai
Belum
32 jam/minggu
Kurang
Tidak ada

Ö
Ö
-
Ö
-
-

-
-
-
Ö
Ö
2.      Faktor Eksternal
a. Pengalaman mengajar guru
b. Kegiatan KKG
c.  Pelat. dan Penataran Guru

Rata-rata 5 tahun
Aktif
Sering

7 tahun
Kurang
Kurang

Ö
-
-

-
Ö
Ö
C. Sarana belajar




1. Faktor Internal




a.      Buku semua mata pelajaran
b.      Jumlah buku penunjang
c.       Jumlah lemari dan rak buku
d.      Kebersihan ruang
e.      Ruangan Kelas
Cukup
Cukup
Cukup
bersih
Memadai
Kurang
Kurang
cukup
cukup
cukup
-
-
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
-
-
-
2. Faktor Eksternal




a.      Dukungan orangtua
b.      Lingkungan sekolah
Mendukung
Mendukung
Kurang
Tidak
-
-
Ö
Ö

Tabel 2  :  Pemberian Bea Siswa Anak Kurang Mampu
Fungsi dan Faktornya
Kondisi
Kesiapan (ideal)
Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan Faktor

Siap
Tidak
A. Fungsi PBM




1. Faktor Internal




  1. Pemberdayaan siswa
  2. Kemampuan siswa
  3. Kesiapan siswa
Tinggi

Tinggi

Tinggi
Cukup
Cukup Tinggi
Cukup Tinggi
-
Ö
Ö
Ö
-
-
2. Faktor Eksternal




  1. Dukungan orangtua
  2. Dukungan lingk. Keluarga
  3. Duk. Lingk. Masyarakat
Tinggi

Tinggi

Tinggi
Cukup
Cukup
Cukup
-
-
-
Ö
Ö
     Ö
B. Fungsi Pendukung PBM




a.      Keperluan sekolah
b.      Dana sekolah
c.    Absensi sekolah
Tinggi
Tersedia
1-2%
Rendah
Tidak ada
> 10 %
-
-
-
Ö
Ö
Ö
1.      Faktor Eksternal




a.      Yatim piatu
b.      Kurang mampu/miskin
c.       Broken Home/kawin cerai
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Ada
Banyak
banyak
-
-
-
Ö
Ö
Ö

Tabel 3:  Peningkatan Profesionalisme Guru

Fungsi dan Faktornya
Kondisi
Kesiapan (ideal)
Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan Faktor

Siap
Tidak
A. Fungsi PBM




1. Faktor Internal




a.      Motivasi guru
b.      Inisiatif guru
c.       Mengoptimalkan KKG
Tinggi
Tinggi
Optimal
Cukup Tinggi
Cukup
Kurang
Ö
-
-
-
Ö
Ö
2. Faktor Eksternal




d.    Dukungan sekolah
e.    Kontrol dan sangsi
f.     Frekuensi pertemuan
Tinggi

Ada

Cukup
Cukup
Belum
Kurang
-
-
-
Ö
Ö
Ö
B. Fungsi Pendukung Sarana




1.      Faktor Internal
  1. Sarana
  2. Kondisi intern guru
  3. Bantuan sekolah
2.      Faktor  ekternal
  1. Bantuan dari dinas
  2. Koordinasi dari dinas

Tersedia
Baik
Tinggi

Memadai
Cukup

Kurang
Cukup baik
Kurang

Kurang
Cukup

-
Ö

-
-
Ö

Ö
-

Ö
Ö
-
C. Fungsi Pelatihan




1.      Faktor Internal
  1. Pelatihan guru
  2. Penataran guru
  3. Pertemuan rutin
  4. Materi dalam pertemua
2.      Faktor Ekternal
  1. Instruktur/nara sumber
  2. Kebijakan

Cukup
Cukup
1 x sebulan
Terarah

Tersedia
Ada

Kurang
Jarang
1 x sebulan
Kurang

Tidak
Tidak ada

-
-
Ö
-

-
-

Ö
Ö
-
Ö

Ö
Ö
Tabel 4:  Pembinaan Ektrakurikuler Siswa Dalam Bidang Kesenian dan Olah raga
Fungsi dan Faktornya
Kondisi
Kesiapan (ideal)
Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan Faktor

Siap
Tidak
A. Fungsi PBM




1. Faktor Internal




  1. Pemberdayaan siswa
  2. Kemampuan siswa
  3. Kesiapan siswa
Tinggi

Tinggi

Tinggi
Cukup
Cukup Tinggi
Cukup Tinggi
-
Ö
Ö
Ö
-
-
2. Faktor Eksternal




  1. Lingkungan sekolah
  2. Lingkungan keluarga
  3. Lingkungan masyarakat
Mendukung

Tinggi

Tinggi
Kurang
Kurang
Kurang
-
-
-
Ö
Ö
Ö
B. Fungsi Pendukung Sarana dan Prasarana


3.      Faktor Internal
  1. Jumlah alat olah raga
  2. Jumlah Alat Kesenian
4.      Faktor  ekternal
  1. Lingkungan sekolah
  1. Lingkungan keluarga
  2. Lingkungan masyarakat
  3. Pengembangan bakat

Tersedia/cukup
memadai

Mendukung
Mendukung
Mendukung
Tinggi

Kurang
Masih belum

Cuku 
Kurang
Cukup
Tinggi

-
-

Ö
-
Ö
Ö

Ö
Ö

-
Ö
-
-

Tabel 5:  Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Fungsi dan Faktornya
Kondisi
Kesiapan (ideal)
Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan Faktor

Siap
Tidak
A. Fungsi PBM




1. Faktor Internal




  1. Motivasi belajar siswa
  2. Prestasi belajar siswa
  3. Sarana pendukung
Tinggi
Tinggi
Tersedia
Tinggi
Rendah
Tidak tersedia
Ö
-
-
-
Ö
Ö
2. Faktor Eksternal




  1. Dukungan orang tua dan komite sekolah
  2. Motivasi mengajar guru
Mendukung

Tinggi

Tinggi

Tinggi
-

Ö
Ö

-

TABEL 5: REHABILITASI RUANG KELAS
Fungsi dan Faktornya
Kondisi Kesiapan
Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan Faktor

Siap
Tidak
A. Fungsi Pendukung




1. Faktor Internal




-          Kondisi ruang kelas
-          Kondisi ruang guru
-          Sanitasi/wc
-          Air bersih
-          Penerangan
-          Ruang perpustakaan
-          Laboratorium
-          Musholla
-          Penataan halaman musholla
-          Pagaran halaman
-          Kantin sekolah
Cukup baik
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Baik/terawat
Ada
Ada
Ada
Cukup
baik
baik
ada
ada
ada
ada
ada
baik
ada
ada
ada
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
-
Ö
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Ö
Ö

2.Faktor Eksternal
-          Program bantuan
-          Dana masyarakat/wali murid
-          Donor tetap
-          Iuran komite sekolah


Ada
Tidak ada
Tidak ada
Cukup


ada
Kurang
Kurang
Kurang


Ö
-
-
-

-
X
X
X
F.       ALTERNATIF LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
  1. Meningkatkan prestasi belajar siswa
a.       Penambahan jam pelajaran
b.      Menyediakan buku-buku paket
c.       Menyediakan alat-alat peraga
d.      Mengadakan lomba bidang studi/cerdas cermat
  1. Pemberian beasiswan kurang mampu kepada 8 (delapan) orang siswa
a.       Mengusulkan pemberian beasiswa
b.      Memberikan beasiswa kepada yang berhak menerima, diutamakan wanita
  1. Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada bidangnya masing-masing
a.       Melaksanakan MGMP secara berkala
b.      Melaksanakan rapat khusus dalam melaksanakan PBM
c.       Mengikuti pelatihan yang diprogramkan
  1. Pembinaan  Ektrakurikuler Siswa Dalam Bidang Kesenian dan Olah raga
a.       Pembentukan pengurus masing – masing cabang
b.      Pembelian alat – alat pendukung
  1. Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
a.       Pembentukan pengurus dan anggota dari siswa yang dianggap berbakat.
b.      Pengadaan sarana penunjang.
  1. Merehabilitasi 3 ( tiga ) ruang kelas
a.       Rehabilitasi atap bangunan yang sebagian besar rusak
b.      Rehabilitasi atap gedung
c.       Mengganti kayu atap yang rusak
d.      Mengganti plafond yang rusak.
e.      Merehabilitasi lantai.
f.        Merehabilitasi lantai
g.       Menaikkan dinding bata.
G.     RENCANA DAN PROGRAM PELAKSANAAN
TAHUN 2013/2014
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana   : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap tahun
Program  1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.       Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.      Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.       Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.      Menyusun jadwal
e.      Menghitung biaya
Program 2 : Pembelian buku pelajaran dari kelas I - III
Rincian Program :
a.       Mendata kebutuhan buku pelajaran
b.      Menghubungi penjual
c.       Melaksanakan transaksi pembelian buku
Program 3: Melengkapi alat bantu pelajaran untuk semua mata pelajaran dari semua kelas
Rincian Program :
a.       Mendata kebutuhan alat bantu pelajaran
b.      Menghubungi penjual
c.       Melaksanakan transaksi pembelian alat bantu pelajaran
Sasaran 2: Pembelian beasiswa kepada 8 (delapan) orang siswa
Rencana: Tiap tahun diberikan beasiswa kurang mampu kepada 8(delapan) orang siswa
Program: Pembagian dana beasiswa
Rincian Program :
a.        Mendata siswa kurang mampu
b.      Melakukan seleksi untuk mendapatkann beasiswa yang memenuhi syarat
c.       Diutamakan anak perempuan
d.      Menyiapkan dana dari dana Loan
e.      Membagikan dana beasiswa
Sasaran 3 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.       Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan spesialisasi
b.      Melaksanakan kegiatan MGMP
c.       Menyusun jadwal
d.      Menghitung biaya
Sasaran 4 : Terbentuknya Tim Olahraga dan Kesenian
Rencana : Pembentukan tim olahraga dan tim kesenian.
Program : Terbentuknya satu tim olahraga dan satu tim kesenian.
Rincian Program :
a.       Rekrutmen siswa yang berbakat dalam olah raga dan kesenian
b.      Pembentukan pengurus tim olahraga maupun tim kesenian
c.       Pembelian alat – alat olah raga dan alat-alat kesenian
d.      Membuat jadwal latihan rutin kegiatan pelatihan.
Sasaran 5 :  Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Rencana : Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Program : Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Rincian Program :
a.       Rekrutmen siswa yang berprestasi dan berbakat.
b.      Penunjukan guru pembimbing.
c.       Pembelian sarana pendukung.
d.      Membuat jadwal rutin kegiatan pembinaan.
Sasaran 5:  Merehabilitasi ruang kelas
Rencana : Merehabilitasi 5(lima) ruang kelas.
Program : Melaksanakan rehabilitasi ruang kelas
Rincian Program :
a.       Membentuk panitia pelaksanan rehab
b.      Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
c.       Menghitung biaya
d.      Evaluasi dan pelaporan kegiatan

TAHUN 2013/2014
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana   : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap tahun
Program  1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.       Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.      Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.       Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.      Menyusun jadwal
e.      Menghitung biaya
Program 2 : Pembelian buku pelajaran dari kelas I - III
Rincian Program :
a.       Mendata kebutuhan buku pelajaran
b.      Menghubungi penjual
c.       Melaksanakan transaksi pembelian buku
Program 3: Melengkapi alat bantu pelajaran untuk semua mata pelajaran dari semua kelas
Rincian Program :
a.       Mendata kebutuhan alat bantu pelajaran
b.      Menghubungi penjual
c.       Melaksanakan transaksi pembelian alat bantu pelajaran
Sasaran 2: Pemberian beasiswa kepada 7 (tujuh) orang siswa
Rencana : Tiap tahun diberikan beasiswa kurang mampu kepada 25 (dua puluh lima) orang siswa
Program: Pembagian dana beasiswa
Rincian Program :
a.        Mendata siswa kurang mampu
b.      Melakukan seleksi untuk mendapatkann beasiswa yang memenuhi syarat
c.       Diutamakan anak perempuan
d.      Menyiapkan dana dari dana Lain
e.      Membagikan dana beasiswa
Sasaran 3 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.       Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan spesialisasi
b.      Melaksanakan kegiatan MGMP
c.       Menyusun jadwal
d.      Menghitung biaya
Sasaran 4: Merehabilitasi ruang kelas, dan sanitasi/wc
Rencana : Merehabilitasi 3  ruang kelas
Program : Melaksanakan rehabilitasi ruang kelas
Rincian Program :
a.       Membentuk panitia pelaksanan rehab
b.      Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
c.       Menghitung biaya
d.      Evaluasi dan pelaporan kegiatan
TAHUN 2013/2014
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana   : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap tahun
Program  1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.       Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.      Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.       Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.      Menyusun jadwal
e.      Menghitung biaya
Program 2 : Pembelian buku pelajaran dari kelas I - III
Rincian Program :
a.       Mendata kebutuhan buku pelajaran
b.      Menghubungi penjual
c.       Melaksanakan transaksi pembelian buku
Program 3: Melengkapi alat bantu pelajaran untuk semua mata pelajaran dari semua kelas
Rincian Program :
a.       Mendata kebutuhan alat bantu pelajaran
b.      Menghubungi penjual
c.       Melaksanakan transaksi pembelian alat bantu pelajaran
Sasaran 2: Pembelian beasiswa kepada 7  (tujuh) orang siswa
Rencana : Tiap tahun diberikan beasiswa kurang mampu kepada 7 (tujuh)orang siswa
Program: Pembagian dana beasiswa
Rincian Program :
a.        Mendata siswa kurang mampu
b.      Melakukan seleksi untuk mendapatkann beasiswa yang memenuhi syarat
c.       Diutamakan anak perempuan
d.      Menyiapkan dana dari dana Loan
e.      Membagikan dana beasiswa
Sasaran 3 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.       Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan spesialisasi
b.      Melaksanakan kegiatan MGMP
c.       Menyusun jadwal
d.      Menghitung biaya
Sasaran 4: Terpenuhinya ruang belajar dan perlengkapannya
Rencana : Memelihara dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah
Rincian Program :
a.       Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
b.      Menghitung biaya
c.       Evaluasi dan pelaporan kegiatan
TAHUN 2014/2015
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana   : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap tahun
Program  1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.       Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.      Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.       Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.      Menyusun jadwal
e.      Menghitung biaya
Sasaran 2 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.       Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan spesialisasi
b.      Melaksanakan kegiatan MGMP
c.       Menyusun jadwal
d.      Menghitung biaya
Sasaran 3: Terpenuhinya ruang belajar dan perlengkapannya
Rencana : Memelihara dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah
Rincian Program :
a.       Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
b.      Menghitung biaya
c.       Evaluasi dan pelaporan kegiatan
TAHUN 2015/2016
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana   : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap tahun
Program  1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.       Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.      Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.       Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.      Menyusun jadwal
e.      Menghitung biaya
Sasaran 2 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.       Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan spesialisasi
b.      Melaksanakan kegiatan MGMP
c.       Menyusun jadwal
d.      Menghitung biaya
Sasaran 3: Terpenuhinya ruang belajar dan perlengkapannya
Rencana : Memelihara dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah
Rincian Program :
a.       Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
b.      Menghitung biaya
c.       Evaluasi dan pelaporan kegiatan
II.        PROGRAM JANGKA PENDEK
            Dalam Tahun Pelajaran 2013/2014 secara umum kegiatan yang diupayakan adalah :
1.       Bidang  lingkungan Madrasah
Mengupayakan terwujudnya lingkungan madrasah yang memadai sesuai dengan kebutuhan, lingkungan madrasah yang ASRI dan rindang, terciptanya 6 K serta tersedianya data statistik yang lengkap dan akurat
2.       Bidang Kurikulum
Out put madrasah memperoleh nilai ujian nasional yang dapat menyamai madrasah lainnya di tingkat Kabupaten Lombok Tengah
3.       Bidang Kesiswaan
Terciptanya suasana belajar dikalangan siswa yang harmonis serta dapat terpanguh terhadap pandangan masyarakat yang lebih maju menuju suatu pandangan bahwa bersekolah adalah merupakan suatu keputusan bagi putra putrinya diamasa yang akan datang
4.       Bidang Ketenagaan
Terwujudnya tenaga pendidik yang professional dan karyawan yang paripurna baik kwantitas maupun kwalitas
5.       Bidang Sarana dan Prasarana
Tersedianya ruang belajar, ruang kantor, ruang multimedia, ruang laboraturium, ruang perpustakaan, sarana olah raga, sarana seni dan budaya serta fasilitas lainnya yang mendukung kegiatan belajar mengajar
6.       Bidang Keuangan
Tersedianya sumber dana baik dari Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) dan bantuan –bantuan lainnya.
7.       Bidang Hubungan Masyarakat
Terciptanya hubungan yang baik dan harmonis dengan komite madrasah, masyarakat sekitar, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, Kemenag Kabupaten, Dinas P dan K Kab. Loteng pihak-pihak lain yang relevan yang didasari oleh hubungan yang bernuansa kekeluargaan
8.       Bidang Pelaporan
Terselenggaranya  laporan bulanan, tri wulan dan tahunan dengan lancar serta didukung oleh data yang lengkap dan akurat





BAB  III
POKOK-POKOK PROGRAM KEGIATAN TP.  2013/2014
1.        PROGRAM UMUM
            1. Kegiatan pengembangan fisik madrasah dan lingkungannya yang akan diusulkan  melalui proyek Departemen Kementerian Agama RI TA.  2013/2014. yang disusun dalam bentuk RAPBM adalah  :
1.a.  melanjutkan rehabilitasi ringan 3 ( tiga ) lokal ruang belajar
1.b.  peningkatan mutu dalam bentuk :
a.       pengadaan   buku pegangan siswa dan referensi perpustakaan
b.      melengkapi media pembelajaran, sarana dan prasarana olah raga, seni dan budaya
c.       memberikan layanan out reach dan pemberian bea siswa bagi anak yang kurang mampu
                 d.  implementasi SBM / MBS
            2. Kegiatan pembinaan dan pelaksanaan
2.a. peningkatan pelaksanaan penghijauan lingkungan madrasah, pemeliharaan kebersihan dan keindahan madrasah.
2.b.    pembinaan penerapan nilai-nilai kehidupan akhlaqul karimah di lingkungan madrasah
2.c.     penyusunan tata tertib madrasah dan mengupayakan terlaksananya tata tertib tersebut secara maksimal
2.d.    peningkatan kreatifitas dikalangan siswa, guru-guru dan staf
            3. Statistik dan Pendataan
                 Peningkatan pengadaan sumber data statistic yang lengkap dan akurat. Hal-hal yang perlu dilaksanakan  :
3.a.  melengkapi data dan statistic madrasah yang masih kurang
3.b. menyusun data-data tentang kependidikan agar dapat ditampilkan sebagai suatu informasi
3.c.  melengkapi sarana data dan statistic yang diperlukan ( papan data )
            4. Kegiatan Upacara Bendera 
a.       Upacara bendera diikuti oleh semua siswa, guru dan staf tata usaha pada setiap hari senin pagi serta hari-hari besar Nasional.
b.      Pembina Upacara dilaksanakan secara bergilir diantara Dewan Guru.
c.       Petugas Upacara agar dipersiapkan terlebih dahulu dikalangan siswa  dan dilakukan secara bergiliran untuk semua kelas.
Ø  Melatih siswa untuk bersikap disiplin, tangguh, tanggap, serta memupuk rasa patriotisme dan heroisme yang tinggi.
Ø  Mempersiapkan siswa untuk mengikuti berbagai jenis kegiatan lomba (Upacara, olah raga, kesenian dan lain-lai)
Ø  Memupuk rasa percaya diri dikalangan para siswa
A.      PROGRAM KURIKULUM
1.       Menyusun program kegiatan GBS/GMP
Penyusunan program kegiatan GBS/GMP dilakukan pada setiap awal semester pada setiap tahun pelajaran yang terdiri dari :
a.       Penyusunan Program SP
b.      Penyusunan Program silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
c.       Penyusunan Program Kisi-kisi
d.      Penyusunan Program Remedial Teaching dan tindak lanjut
e.      Penyusunan Program BP
f.        Penyusunan Program Evaluasi
g.       Penyusunan Program OSIM
2.       Penyusunan Jadwal Pelajaran
Penyusunan jadwal Pelajaran dilaksanakan setiap awal Semester oleh wakamad, Kurikulum, penyusunan jadwal pelajaran tahun pelajaran 2013/2014 bertitik tolak pada Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2013/2014 yang dimulai dari tanggal 04 Juli 2013 s.d Tanggal 21 Juli 2014. Jadwal pelajaran Tahun Pelajaran 2013/2014 terlampir.
3.       Pelaksanaan Proses Kegiatan Belajar Mengajar
Proses belajar mengajar untuk tahun pelajaran 2013/2014 direncanakan dimulai tanggal, 04 Juli 2013 dan berakhir tanggal 21 Juli 2014. target yang ingin dicapai dalam tahun pelajaran 2013/2014 adalah mengupayakan pada setiap semester target pencapaian kurikulum 100% dan tarap serap 100% serta tarap serap minimal 85%.
Untuk mewujudkan target diatas, maka usaha-usaha yang dilaksanakan adalah :
a.       Memberikan pembinaan dan pengarahan pada semua guru dalam membuat program, satuan pelajaran, alat evaluasi.
b.      Pembinaan terhadap semua guru-guru melalui MGMP/MGPS
c.       Pembinaan terhadap semua guru-guru melalui penataran atau diskusi
d.      Pembinaan melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM)
e.      Memberikan motivasi dan memantau secara berkesinambungan pelaksanaan proses belajar mengajar
f.        Melaksanakan kegiatan evaluasi formatif, sub. Formatif, mid sumatif, dan sumatif sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan dalam kalender pendidikan Madrasah.
g.       Melengkapi alat dan sumber belajar mengajar seperti alat peraga, buku acuan dan lain sebagainya
4.       Kegiatan Extra Kurikuler
Disamping kegiatan intra kurikuler, ke kurikuler, masih diperlukan juga kegiatan penunjang lainnya yaitu kegiatan Extra kurikuler.
Jenis kegiatan extra kurikuler dimaksud antara lain adalah :
a.       Pembinaan Kepramukaan, olah raga, kesenian dan lain-lain.
b.      Mengirim guru-guru untuk mengikuti pendidikan dan latihan pembinaan
5.       Pembinaan Mata Pelajaran
Dalam rangka upaya pembinaan dan pengembangan mata pelajaran kearah peningkatan mutu dan kwalitas yang lebih baik akan diusahakan hal-hal sebagai berkut :
a.       Memberikan pembinaan terhadap guru-guru yang masih belum berpengalaman.
b.      Melaksanakan kegiatan ko kurikuler secara berprogram dan terpadu.
c.       Mengintensifkan kelompok guru-guru mata pelajaran sejenis.
d.      Menintensifkan Kelompok Kerja Madrasah (KKM).
e.      Melengkapi buku acuan baik untuk murid maupun guru.
6.       Kegiatan Evaluasi.
Untuk menilai sejauh mana prestasi hasil belajar maupun proses belajar, maka perlu diadakan serangkaian kegiatan evaluasi yang terdiri dari :
a.       Evaluasi formatif/ harian
b.      Evaluasi sub sumatif/ bulanan
c.       Evaluasi/ ulangan harian/ ujian blok dan mid semster
-    Evaluasi formatif dialokasikan oleh masing-masing guru mata pelajaran.
-    Evaluasi sub sumatif disamping dialokasikan oleh masing-masing guru juga diadakan kegiatan sub sumatif bersama.
-    Evaluasi sumatif/ semester dilaksanakan pada akhir semester.
Khusus siswa kelas III akan diselenggarakan kegiatan Ujian Nasional ( UN ). Yang diperkirakan pelaksanaannya pada tanggal, 24 Maret s/d 08 Mei 2014.
Pelaksanaan kegiatan evaluasi dimana hasilnya akan dijadikan dasar sebagai :
a.       Mengisi buku raport bagi siswa kelas I dan II
b.      Memantau tarap serap siswa
c.       Bahan laporan semester untuk kelas I dan II
d.      Bahan laporan UN untuk kelas III
e.      Penetuan kenaikan kelas untuk kelas I dan II
f.        Umpan balik/ fit baik bagi guru dalam memperbaiki proses belajar mengajar.
7.       Pengolahan Nilai dan Pembagian Raport Semester.
Setiap akhir semester diadakan pengolahan nilai untuk bahan pengisian raport yang dilaksanakan oleh wali kelas dengan pengawasan Kepala Madrasah.
Hasil pengolahan nilai ini akan didokumentasikan kedalam buku leger dan dipindahkan kedalam buku induk dan buku raport.
8.       Kegiatan Ujian Nasional.
Kegiatan Ujian Nasional yang diperkirakan pelaksanaannya pada tanggal 24 Maret s/d 08 Mei 2014, maka kegiatan yang perlu dipersiapkan antara lain :
a.       Pendaftaran calon peserta pada awal bulan September – Oktober + Desember tahun 2013.
b.      Pengolahan nilai UAM dan UAMBN.
c.       Penentuan kelulusan.
d.      Penilaian STTB/ SKHUN.
e.      Laporan pelaksanaan UN dan UAM, UAMBN.
9.       Kegiatan Rapat Guru/ Wali Kelas/ Staf.
Kegiatan rapat dewan guru/ wali kelas dan staf diadakan setiap awal Tahun Pelajaran atau setiap saat yang diperlukan.
Kegiatan rapat antara lain dilaksanakan untuk :
a.       Menyiapkan informasi.
b.      Memberikan pengarahan dan evaluasi terhadap dewan Guru.
c.       Menghimpun bahan masukan.
d.      Menetapkan ketetapan-ketetapan.
e.      Menetapkan kebijakan dan tindak lanjut.
10.   Kegiatan MGMP/ MGBS.
Dalam rangka meningkatkan kwalitas dan profesi guru, maka perlu dibentuk wadah/ saran MGMP/ MGBS semua bidang studi.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan koordinasi dan kerja sama dalam KKM serta Pengawas Pendidikan.
11.   Kegiatan BP/ BK.
Dalam rangka membantu para siswa dalam memahami potensi dirinya serta membantu mereka dalam menyelesaikan masalahnya, maka diperlukan kegiatan BP/ BK yang dilaksankan secara terpadu, kontinyu dan terprogram.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru BP/ BK bekerja sama dengan guru dan wali kelas, orang tua/ wali murid, pihak-pihak terkait dibawah pengawasan dan bimbingan serta tanggung jawab Kepala Madrasah.
12.   Kegiatan Supervisi dan Monitoring.
Kegiatan supervisi dan monitoring ini dilaksanakan oleh :
a.       Kepala Madrasah, dalam rangka upaya :
- Memantau dan memonitor program guru-guru, alat evaluasi, satuan pelajaran dan lain-lain
- Pembinaan dalam menganalisa soal.
-Pembinaan dalam mengadakan remedial teching dan tindak lanjut kegiatan ini dilakksanakan pada awal tahun pelajaran dan awal program semester.
b.      Pengawas Pendidikan :
Dilaksanakan pada awal tahun pelajaran, setiap semester, akhir tahun, pelaksanaan UAM, UAMBN dan UN dan waktu-waktu yang diperlukan.
Kegiatan ini ditujukan untuk keseluruhan aparat pendidikan di Madrasah (Kepala Madrasah, guru-guru dan staf).            
Kegiatan supervisi dan monitoring Kepala Madrasah lainnya adalah :
c.       Melaksanakan supervisi dan monitoring terhadap prestasi kerja dan kemampuan guru-guru yang meliputi :
-          Kegiatan kunjungan kelas
-          Pengarahan umum
-          Pertemuan bulanan
-          Pertemuan mingguan
-          Pertemuan pribadi
d.      Memantau pelaksanaan evaluasi dan remedial teaching yang meliputi :
-          Memantau pelaksanaan evaluasi sub sumatif
-          Memantau pelaksanaan penyusunan dan analisa soal
-          Memantau pelaksanaan evaluasi sumatif
-          Memantau pelaksanaan remedial teaching
B.      PROGRAM KESISWAAN
1.       Penerimaan siswa baru :
Penerimaan siswa baru didasarkan atas SK. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTB. Nomor : ____________/ 2011, tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru Tahun 2013/2014.
Adapun kegiatan yang berhubungan dengan siswa baru sebagai berikut :
a.       Membentuk Panitia Penerimaan Siswa Baru Tahun 2013/2014.
b.      Menetapkan daya tampung Madrasah untuk kelas I sejumlah 28 orang.
Perhitungan ini didasarkan atas jumlah lokal yang tersedia dan kesiapan tenaga guru.
c.       Kegiatan hari-hari pertama masuk sekolah tahun pelajaran 2013/2014 dimulai tanggal 04 Juli 2013
Kegiatan masuk dibagi menjadi :
d.      Untuk kelas I :
-          Kegiatan orientasi/ pengenalan lingkungan Madrasah tanggal 01 – 03 Juli 2013.
e.      Untuk kelas II dan III
-          Pada hari-hari pertama mengatur, membersihkan ruang belajar dan halaman Madrasah.
-          Pada hari berikutnya pembagian kelas, mencatat jadwal pelajaran, selanjutnya belajar sebagimana biasanya.
Adapun pengelolaan setiap kelas ditunjuk seorang guru sebagai wali kelas yang di tetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah.
Selanjutnya masing-masing kelas dibentuk pengurus dan komisaris kelas yang dipimpin oleh wali kelas masing-masing.
2.       Pengisian Buku Induk :
Pengisian buku induk siswa ditangani oleh seorang pegawai tata usaha, yang ditunjuk dalam pembagian tugas staf.
Kegiatannya adalah :
a.       Mencatat identitas siswa berdasarkan data lengkap siswa termasuk perolehan nilaii semester.
b.      Mencatat identitas siswa berdasarkan urut abjad/ klapper.
c.       Petugas pengisian buku induk dibantu oleh wali kelas.
3.       Absensi dan Mutasi Siswa :
Absensi dan mutasi siswa dilaksanakan oleh Staf Tata Usaha urusan kesiswaan dibantu oleh wali kelas masing-masing.
Rekapitulasi absensi dan mutasi dibuat laporannya setiap bulan.
4.       pemantapan kegiatan 6 K ( Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, kekluargaan, dan Kerindangan )
Kegiatan yang akan dilaksanakan :
a.       Pembinaan pemahaman kepada seluruh aparat madrasah, para siswa dan masyarakat sekitar melalui berbagai kesempatan dan pertemuan.
5.       Pembinaan kegiatan Ekstra Kurikuler :
a.       Peningkatan Kegiatan kepramukaan, Koperasi Madrasah.
b.      Pembinaan kegiatan UKS, Olah raga prestasi, kesenian dan lain-lain.
6.       Pembentukan dan pengelolaan OSIM :
Kegiatan yang akan dilaksanakan melalui wadah OSIM :
a.       Meningkatkan kretifitas siswa dalam berbagai bidang, baik yang bersifat intra maupun ekstra kurikuler.
b.      Menugaskan pembina OSIM agar mengarahkan siswa secara intensif dan berkesinambungan.
c.       Memberikan kesempatan kepada pengurus OSIM untuk menangani berbagai kegiatan dalam upaya mereka melatih diri berorganisasi dan memimpin.
d.      Menetapkan guru pembina OSIM dan kepengurusan OSIM dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah.
C.      PROGRAM KETENAGAAN.
Kegiatan yang hendak dilaksanakan adalah :
1.       Perencanaan dan Pembinaan Tenaga Guru dan Staf :
a.       Mengupayakan penambahan tenaga guru dan staf administrasi melalui reqruitment ( pengusahaan tenaga guru dan staf serta attraction ( penarikan ) tenaga baik kwantitas maupun kwalitas sehingga diperoleh hasil pelayanan yang sebesar-besarnya.
b.      Peningkatan mutu dan kwalitas tenaga pengajar serta tenaga staf melalui tenaga pelatihan ( Inservice training ), kegiatan sanggar PKGI/ MGMP/ MGBS.
c.       Mendorong semua personal madrasah untuk meningkatkan mutu profesional dengan jalan ; Penataran, Loka Karya, Temu karya, Konperensi, Ceramah dan Diskusi.
2.       Pembagian Tugas Guru dan Staf :
Pembagian tugas guru dan staf dilaksankan pada awal tahun pelajaran serta ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Madarasah Pembagian Tugas Guru dilaksanakan tanggal 15 Juli 2011.
Pembagian tugas ini akan terinci pada lampiran pada program ini.
3.       Penetapan Struktur Organisasi Madrasah :
Penetapan struktur organisasi madrasah akan disesuaikan dengan kondisi perkembangan Madrasah serta dilaksanakan pada awal tahun pelajaran.
Struktur organisasi Madrasah ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah setelah memperoleh masukan dari semua aparat melalui forum rapat.
4.       Pembinaan Karier dan Profesi :
Upaya yang dilaksanakan :
a.       Meningkatkan motivasi diri dari para guru dan staf untuk berkarya sebaik-baiknya
b.      Memberikan peluang dan kesempatan kepada guru untuk menambah keahlian dan kecakapannya melalui inservice training (istilah jabatan) dan lain-lain, sehingga terbuka kesempatan untuk promotion (kenaikan pangkat dan jabatan).
c.       Membangun semangat kerja serta mencintai pekerjaannya dengan melakukan penilaian secara periodik (berkala) dan teratur untuk menambah hasil kerja.
5.       Melaksanakan Pengisian DP.3 :
a.       Di laksanakan pada setiap akhir tahun yaitu pada bulan Desember bagi semua tenaga guru tetap dan karyawan tata usaha.
b.      Pemberian nilai agar diupayakan se obyektif mungkin sesuai dengan hasil kerja masing-masing.
D.      PROGRAM SARANA DAN PRASARANA.
1.       Diupayakan penambahan 1 ( Satu ) unit  ruangan perpustakaan dan ketrampilan serta Aula/ balai pertemuan guru tahun anggaran 2013/2014
2.       Diupayakan penambahan alat-alat perkantoran komputer, mesin stensil, fasilitas dan alat-alat pendukung lainnya.
3.       Diupayakan pengembangan dan pemeliharaan fisik dan lingkungan Madrasah Tahun 2013/2014.
a.       Pembuatan dan pemasangan Papan Nama Madrasah.
b.      Penataan dan pembuatan taman-taman Madrasah.
c.       Pemasangan kode ruangan kelas dan sarana lainnya.
4.        Rahabilitasi, pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan administrasi Madrasah, alat-alat kantor, perpustakaan dan kelas :
Kegiatan yang akan dilaksanakan:
a.       Penambahan buku pegangan guru dan murid.
b.      Pengadaan buku klapper.
c.       Pengadaan kertas- kertas untuk surat menyurat perkantoran.
d.      Pengadaan buku-buku perpustakaan Madrasah
5.       Penataan halaman Madrasah :
Kegiatan yang akan diupayakan adalah :
a.       Pembuatan dan perawatan taman, perataan halaman serta penanaman pohon pelindung.
b.      Melakukan kegiatan kebersihan lingkungan Madrasah oleh seluruh siswa baik secara bergiliran maupun kelompok.
E.       PROGRAM BIDANG KEUANGAN.
1.       Penyusunan RAPBM.
Rancana Anggaran dan Belanja Madrasah disusun atas dasar dana yang tersedia, yang merupakan pemasukan dari anggaran BOS akan dimanfaatkan se optimal mungkin sesuai dengan aturan yang berlaku.
2.       Pertanggung jawaban Keuangan.
Pertanggung jawaban penggunaan keuangan dilakukan oleh bendaharawan bersama Kepala Madrasah serta disampaikan kepada pihak-pihak terkait.
Besarnya dan sumbangan ditetapkan melalui rapat Komite Madrasah bersama orang tua/ wali murid.
F.       PROGRAM HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KESEJAHTERAAN.
1.       Penyelenggaraan rapat Komite.
Penyelenggaraan rapat komite dilakukan setiap awal tahun pelajaran. Maksud penyelenggaraan rapat komite disamping sebagai media komunikasi antara guru dan wali murid dalam membicarakan berbagai permasalahan siswa juga adalah untuk menetapkan wujud partisipasi orang tua dalam pengelolaan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah NW Londar Desa Loang Maka Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah.
2.       Pembinaan hubungan dengan komite, KKM, dan Instansi terkait yang relevan.
a.       Hubungan dengan komite dengan wujud partisipasi orang tua dalam menyelesaikan permasalahan siswa serta bantuan pengelolaan pendidikan.
b.      Hubungan dengan KKM dalam wujud penyaluran informasi dan pembinaan dari atas ke bawah atau sebaliknya.
c.       Hubungan dengan Instansi yang reloevan khususnya Kanwil Depag, Kandepag dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
3.       Upaya peningkatan Kesejahteraan Guru dan Staf.
Kegiatan- kegiatan yang akan dilakukan antara lain:
a.       Meningkatkan modal kesejahteraan guru dan staf.
b.      Meningkatkan volume arisan guru dan staf.
c.       Mengadakan anjangsana/ kunjungan/ silaturrahmi ke warga Madrasah.
d.      Pemberian dorongan semangat terhadap guru, tenaga tekhnis dan tenaga tata laksana untuk menambah pengetahuan dan keterampilan, pemberitahuan kenaikan gaji berkala/ kenaikan pangkat/ promosi jabatan dan lain-lain.
e.      Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti kegiatan amal bhakti, gerakan koperasi dan lain-lain.
G.     PROGRAM PELAPORAN.
1.       Laporan pencapaian target kurikulum, daya serap dan ketuntasan belajar pada setiap akhir pelaksanaan semester.
2.       Laporan pengumpulan nilai, UAM, UAMBN dan UN tentang NEM pada setiap setiap akhir pelaksanaan UAM, UAMBN dan UN.
3.       Laporan keadaan siswa, guru dan staf (prestasi, presensi dan prosentase dilaksanakan pada setiap akhir/ awal bulan)
4.       Laporan peserta UAM, UAMBN dan UN 3 ( Tiga ) bulan sebelum pelaksanaannya
5.       Laporan penyusunan RAPBM dilaksanakan pada awal tahun pelajaran.
6.       Laporan pertanggung jawaban RAPBM dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran.
7.       Laporan pelaksanaan UAM, UAMBN dan UN dilaksanakan pada akhir pelaksanaannya.
8.       Laporan penerimaan siswa baru dilaksanakan pada awal tahun pelajaran.

BAB IV
P E N U T U P
A.      KESIMPULAN
Demikian penyusunan Program kerja tahunan Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah NW Londar tahun pelajaran 2013 - 2014 ini dapat terselesaikan dengan baik dalam bentuk sedemikian rupa, kiranya dapat dijadikan pegangan bagi seluruh aparat Madrasah dalam mengelola menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Madarasah sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan secara bertahap dan berkesinambungan. Cita-cita pemerintah dan masyarakat dapat terpadu dan berpacu dalam membangun Nusa dan Agama, mencerdaskan kehidupan bangsa.
B.      SARAN – SARAN.
a.       Keberhasialan pembangunan pedidikan sangat ditentukan oleh peran serta dan partisipasi semua pihak khususnya para pengelola pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ibadurrahman Tibu Sisok disamping dan masyarakat.
b.      Marilah kita semua bersama-sama mengabdikan diri dengan penuh keikhlasan serta memberikan apa yang terbaik yang ada pada diri kita masing-masing demi Agama, Nusa dan bangsa, meski kita semua merasa mengalami kekurangan namun kita harus hadapi dengan penuh kelapangan dada dsan hati serta jiwa besar.
c.       Orang-orang besar didunia hanya muncul dari kalangan mereka yang sanggup ditahan dan diterpa oleh angin topan dan badai serta berbagai rintangan dalam kehidupan.




          









           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar