BAB I
PENDAHULUAN
I.
DASAR
1.
Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang keuangan Negara ;
2.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan
nasional ;
3.
Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Pra
Sekolah ;
4.
Peraturan pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang pendidikan dasar
;
5.
Peraturan pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan
menengah ;
6.
Keputusan Presiden No. 177 Tahun 200 tentang susunan organisasi
dan tugas departemen, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Kepres No. 82 tahun
2001 ;
7.
Keputusan Menag Nomor 368 tahun 1993 tentang penyelenggaraan
Madrasah Ibtidaiyah
8.
Keputusan Menag nomor 369 tahun 1993 tentang penyelenggaraan
Madrasah Tsanawiyah ;
9.
Keptusan Menag Nomor 370 tahun 1993 tentang Penyelenggaraan
Madrasah Aliyah
10.
Keputusan Menag Nomor 373 tahun
2002 tentang organisasi dan tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan
Kabupaten/Kota
11.
Keputusan Mendiknas RI Nomor 084/U/2002 tentang perubahan system
catur wulan menjadi semester ;
12.
Keputusan Mendiknas RI Nomor 125/U/2002 tanggal 20 April tentang
Kalender Pendidikan dan jumlah hari belajar efektif di sekolah/madrasah ;
13.
Keputsan Mendiknas RI Nomor 051/U/2002 tanggal 20 April 2002
tentang penerimaan siswa pada TK dan sekolah/madrasah ;
14.
Keputusan mendikbud Nomor 036/U/1995 tentang pelaksanaan wajib
belajar pendidikan dasar ;
15.
Keputusan mendiknas Nomor 044/U/2002 tentang dewan pendidikan dan
komite sekolah
16.
Keputusan mendiknas Nomor 060/U/2002 tentang pedoman pendirian
sekolah ;
17.
Keputusan Kakanwil Depag./Kabid. Mapendaisum Prov. Nusa Tenggara
Barat Nomor : KW.19.4/1/PP.00/984/2006 Tanggal 16 Juni 2006 tentang petunjuk
dan pedoman penyusunan pelaksanaan kalender pendidikan Tahun Pelajaran
2006/2007 bagi Madrasah-Madrasah dalam lingkungan pembinaan Kanwil Depag. Prov.
NTB ;
18.
Keputusan Rapat Dewan Guru dan Staf Tata Usaha pada MTs. Nurul
Hidayah NW Londar Nomor : 98/ MTs.NW/VII/2013 Tanggal 15 Juli 2013 ;
II.
MAKSUD DAN TUJUAN
1. MAKSUD
a. Program
kerja ini disusun dengan maksud untuk meberikan petunjuk dan arahan bagi pelaksanaan seluruh kegiatan
madrasah pada tahun palajaran 2013/2014
;
b. sebagai bahan kontrol dan
evaluasi dari kegiatan kegiatan madrasah
c. sebagai tolak ukur untuk
menilai hasil yang dicapai
d. sebagai sarana untuk
pengambilan keputusan dan kebijaksanaan pimpinan
2. TUJUAN
Agar target yang telah ditetapkan
untuk tahun pelajaran 2013/2014 dapat dicapai sesuai dengan waktu yang telah
ditetapkan
III. SISTEMATIKA PROGRAM
BAB. I PENDAHULUAN
1.
Dasar
2.
Maksud dan Tujuan
3.
Sistematika Program
BAB. II GAMBARAN
UMUM YANG INGIN DICAPAI DALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014
BAB. III POKOK-POKOK
PROGRAM KEGIATAN TP. 2013/2014
1.
Program Umum
2.
Program Kurikulum
3.
Program Kesiswaan
4.
Program Ketenagaan
5.
Progran Sarana dan Prasarana
6.
Program Keuangan
7.
Program Humas dan Kesejahteraan
8.
Program Pelaporan
BAB IV PENUTUP
1.
Harapan yang ingin dicapai
2.
Himbauan kepada seluruh Civitas Madrasah
LAMPIRAN-LAMPIRAN\
1.
Matrik Program Kerja Tahun Pelajaran 2013/2014
2.
Analisa Kalender Pendidikan TP. 2013/2014
3.
Struktur Organisasi Madrasah, Pembagian Tugas Guru dan Staf
4.
RAPBM Tahun Anggaran 2013/2014
dari anggaran, BOS, dan sumbangan lainnya yang sah.
5.
Tata terbib Kepala, Wakil Kepala Madrasah, Wali Kelas, Guru dan
Staf Tata Usaha, siswa, Laboraturium, Multi Media dan Perpustakaan
BAB II
GAMBARAN UMUM YANG INGIN DICAPAI
I. JANGKA
PANJANG
A. SASARAN/TUJUAN SITUASIONAL
TAHUN 2013/2014
- Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35 pertahun
a. Membeli buku-buku pelajaran kelas I – III
untuk 4 (empat) mata pelajaran yaitu: bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan
Matematika serta buku pedoman guru.
b.
Membeli alat bantu pembelajaran/alat peraga seperti: Peta, globe, Torso,
dll.
- Pemberian beasiswa kurang mampu kepada 7 (tujuh) siswa.
- Peningkatan profesionalisme guru.
- Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga.
a.
Membeli alat-alat olahraga.
b.
Membeli perangkat alat-alat ketrampilan dan kesenian.
- Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR).
- Merehabilitasi 3 ruang kelas.
TAHUN 2014/2015
1.
Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35
pertahun
a. Membeli buku-buku pelajaran kelas I – III
untuk 3 (tiga) mata pelajaran yaitu: bahasa Indonesia, IPA dan Matematika serta
buku pedoman guru
b.
Membeli alat bantu pembelajaran/alat peraga seperti: Peta, globe
2.
Pemberian beasiswa kurang mampu kepada 8 (delapan) siswa
3.
Peningkatan profesionalisme guru
4.
Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga
a.
Membeli alat-alat olahraga
b.
Membeli perangkat alat-alat ketrampilan dan kesenian
5.
Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
6.
Melanjutkan rehabilitasi 5 ruang kelas dan Unit yang lainnya.
TAHUN
2015/2016
1.
Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar 0.35
pertahun
a. Membeli buku-buku pelajaran kelas I – III
untuk 3 (tiga) mata pelajaran yaitu: bahasa Indonesia, IPA dan Matematika serta
buku pedoman guru
b. Membeli alat bantu pembelajaran/alat peraga
seperti: Peta, globe
2.
Pemberian beasiswa kurang mampu kepada 8 (delapan) siswa
3.
Peningkatan profesionalisme guru
4.
Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga
5.
Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
6. Terpenuhinya Ruang Belajar dan Perlengkapan
kelas
TAHUN
2016/2017
1.
Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar
0.35 pertahun
2.
Peningkatan profesionalisme guru
3.
Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah raga
4.
Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
TAHUN
2017/2018
1.
Peningkatan prestasi siswa untuk semua bidang studi, naik sebesar
0.35 pertahun
2.
Peningkatan profesionalisme guru
3.
Pembinaan ektrakurikuler siswa dalam bidang kesenian dan olah
raga.
4.
Pembinaan bakat siswa dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR)
D. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI YANG DIPERLUKAN SETIAP SASARAN
Dari hal – hal yang dikemukakan diatas maka dapat diidentifikasi fungsi-fungsi
yang diperlukan oleh setiap sasaran sebagai berikut :
SASARAN
I
Peningkatan prestasi belajar
siswa.sebesar 0.35 per tahun
Fungsi PBM
- Faktor Internal
a.
Ketenangan
-
Jumlah guru bidang studi/kelas memadai
-
Kualifikasi guru belum memadai
-
Motivasi guru cukup tinggi
-
Pemanfaatan waktu cukup efektif
-
Pemanfaatan waktu pembelajaran kurang bervariasi
b.
Kesiswaan
-
Kehadirannya memadai
-
Motivasi belajar cukup tinggi
-
Perilaku siswa cukup disiplin
-
Kesiapan belajar cukup siap
c.
Sarana dan prasarana
-
Ruang kelas kurang memadai
-
Sarana dan Prasarana serba kurang
-
Lingkungan sekolah kurang nyaman
2.
Faktor Ekternal
-
Dukungan orang tua
-
Hubungan dengan masyarakat dengan lingkungan sekolah
-
Kemampuan orang tua siswa
SASARAN 2
Pemberian beasiswa kurang mampu
kepada 20 orang siswa
1. Fungsi PBM
a.
Faktor Internal
- Kemampuan siswa
- Pemberdayaan siswa
- Kesiapan siswa
- Kehadiran siswa
b.
Faktor Eksternal
- Kesadaran orangtua
- Dukungan sosial lingkungan keluarga
- Dukungan lingkungan masyarakat
2.
Fungsi Pendukung PBM (keuangan)
a.
Faktor Internal
- Keperluan sekolah
- Dana sekolah
- Absensi siswa
b.
Faktor Eksternal
-
Yatim Piatu
- Kurang beruntung
- Keluarga broken home
SASARAN 3
Peningkatan profesionalisme guru
dalam penguasaan KBM dan metodolgi mengajar
1. Fungsi Ketenagaan
a.
Faktor Internal
-
Motivasi guru
-
Partisipasi/inisiatif guru
-
Mengoptimalkan fungsi KKG
b.
Faktor Eksternal
-
Dukungan sekolah/kepala sekolah
-
Kontrol dan sangsi
-
Frekuensi pertemuan
2.Fungsi Pendukung sarana
a.
Faktor Internal
- Keadaan saran
- Kondisi interen guru
-
Bantuan sekolah/kepala sekolah terhadap keberadaan KKG
b.
Faktor Eksternal
-
Bantuan dari dinas
-
Koordinasi/pengawasan dari dinas
3. Fungsi pelatihan
a. Faktor Internal
-
Latihan guru
-
Pertemuan rutin
-
Waktu pertemuan/latihan
-
Materi dalam pertemuan
b.Faktor
Eksternal
-
Pelatih/supervisor
-
Kebijakan
-
Penghargaan
- Fungsi keuangan
a.
Faktor Internal
- Anggaran khusus pelatihan
- Kemampuan sekolah
- Dukungan lomite sekolah
b.
Faktor Eksternal
-
Anggaran dinas
- Partisipasi masyarakat
SASARAN 4
Pembinaan ektrakurikuler siswa
dalam bidang kesenian dan olah raga
1. Fungsi Pendukung PBM
a.
Faktor Internal
-
Pemberdayaan siswa
-
Kemampuan siswa
-
Kesiapan siswa
b.
Faktor Eksternal
-
Lingkungan sekolah
-
Lingkungan keluarga
-
Lingkungan masyarakat
2.Fungsi Ketenagaan
a.
Faktor Internal
-
Kemampuan guru
-
Kesiapan guru
-
Motivasi guru
b.
Faktor Eksternal
-
Pengalaman guru
-
Fasilitas pengembangan diri
3. Fungsi Sarana dan Prasarana
a. Faktor Internal
-
Jumlah alat dan media pramuka
-
Jumlah alat kesenian kasidah
-
Jumlah alat olah raga
-
JumlahTenaga pelatih
b.Faktor
Eksternal
-
Lingkungan sekolah
-
Lingkungan masyarakat
-
Pengembangan bakat
- Fungsi keuangan
a.
Faktor Internal
- Dana sekolah
- Keperluan dan sarana ekstrakurikuler
- Transport tenaga pelatih
- Biaya pertandingan
b.
Faktor Eksternal
-
Dukungan sekolah
-
Dukungan orangtua
-
Dukungan masyarakat
SASARAN 5
Pembinaan Karya Ilmiah Remaja
(KIR)
Faktor pendukung
a.
Faktor Internal
-
Prestasi belajar siswa tinggi
- Motivasi
siswa, tinggi
-
Sarana pendukung tersedia
b.
Faktor Eksternal
- Motivasi Guru tinggi
- Dukungan orang tua dan Komite sekolah tinggi
SASARAN 6
Terpenuhinya ruang belajar dan
perlengkapannya
Faktor pendukung
c.
Faktor Internal
-
Kondisi bangunan
- Kondisi
perlengkapan (meja, kursi, papan tulis dan lemari sangat kurang)
-
Kenyamanan belajar kurang nyaman
d.
Faktor Eksternal
- Keadaan ekonomi orangtua lemah
- Dukungan orangtua dan komite sekolah
E. ANALISIS SWOT
Tabel 1 : Peningkatan Prestasi Belajar Siswa
Fungsi dan Faktornya
|
Kondisi
Ideal
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan Faktor |
|
Siap
|
Tidak
|
|||
A. Fungsi PBM
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
|
|
|
|
|
a.
Motivasi belajar siswa
b.
Pemberdayaan siswa
c.
Kehadiran siswa
d.
Kesiapan siswa
|
Tinggi
Tinggi
Tinggi
Siap
|
Cukup tinggi
cukup
cukup
siap
|
Ö
-
Ö
Ö
|
-
Ö
-
-
|
2. Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
a.
Dukungan orangtua
b.
Dukungan lingkungan sosial
c.
Lingkungan fisik sekolah
|
Tinggi
Tinggi
Aman&nyaman
|
Kurang
Kurang
cukup
|
-
-
-
|
Ö
Ö
Ö
|
B. Fungsi Ketenangan
|
|
|
|
|
1.
Faktor Internal
|
Lengkap
Memadai
Memadai
6 jam/kelas
Tersedia
ada
|
lengkap
memadai
Belum
32 jam/minggu
Kurang
Tidak ada
|
Ö
Ö
-
Ö
-
-
|
-
-
-
Ö
Ö
|
2.
Faktor Eksternal
a. Pengalaman
mengajar guru
b. Kegiatan
KKG
c. Pelat. dan
Penataran Guru
|
Rata-rata 5 tahun
Aktif
Sering
|
7 tahun
Kurang
Kurang
|
Ö
-
-
|
-
Ö
Ö
|
C. Sarana belajar
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
|
|
|
|
|
a.
Buku semua mata pelajaran
b.
Jumlah buku penunjang
c.
Jumlah lemari dan rak buku
d.
Kebersihan ruang
e.
Ruangan Kelas
|
Cukup
Cukup
Cukup
bersih
Memadai |
Kurang
Kurang
cukup
cukup
cukup
|
-
-
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
-
-
-
|
2. Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
a.
Dukungan orangtua
b.
Lingkungan sekolah
|
Mendukung
Mendukung
|
Kurang
Tidak
|
-
-
|
Ö
Ö
|
Tabel 2 : Pemberian Bea Siswa Anak Kurang Mampu
Fungsi dan Faktornya
|
Kondisi
Kesiapan (ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan Faktor |
|
Siap
|
Tidak
|
|||
A. Fungsi PBM
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
|
|
|
|
|
|
Tinggi
Tinggi
Tinggi
|
Cukup
Cukup Tinggi
Cukup Tinggi
|
-
Ö
Ö
|
Ö
-
-
|
2. Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
|
Tinggi
Tinggi
Tinggi
|
Cukup
Cukup
Cukup
|
-
-
-
|
Ö
Ö
Ö
|
B. Fungsi Pendukung PBM
|
|
|
|
|
a.
Keperluan sekolah
b.
Dana sekolah
c.
Absensi sekolah
|
Tinggi
Tersedia
1-2%
|
Rendah
Tidak ada
> 10 %
|
-
-
-
|
Ö
Ö
Ö
|
1.
Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
a.
Yatim piatu
b.
Kurang mampu/miskin
c.
Broken Home/kawin cerai
|
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
|
Ada
Banyak
banyak
|
-
-
-
|
Ö
Ö
Ö
|
Tabel 3: Peningkatan Profesionalisme Guru
Fungsi dan Faktornya
|
Kondisi
Kesiapan (ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan Faktor |
|
Siap
|
Tidak
|
|||
A. Fungsi PBM
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
|
|
|
|
|
a.
Motivasi guru
b.
Inisiatif guru
c.
Mengoptimalkan KKG
|
Tinggi
Tinggi
Optimal
|
Cukup Tinggi
Cukup
Kurang
|
Ö
-
-
|
-
Ö
Ö
|
2. Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
d.
Dukungan sekolah
e.
Kontrol dan sangsi
f.
Frekuensi pertemuan
|
Tinggi
Ada
Cukup
|
Cukup
Belum
Kurang
|
-
-
-
|
Ö
Ö
Ö
|
B. Fungsi Pendukung Sarana
|
|
|
|
|
1.
Faktor Internal
2.
Faktor ekternal
|
Tersedia
Baik
Tinggi
Memadai
Cukup
|
Kurang
Cukup baik
Kurang
Kurang
Cukup
|
-
Ö
-
-
Ö
|
Ö
-
Ö
Ö
-
|
C. Fungsi Pelatihan
|
|
|
|
|
1.
Faktor Internal
2.
Faktor Ekternal
|
Cukup
Cukup
1 x sebulan
Terarah
Tersedia
Ada
|
Kurang
Jarang
1 x sebulan
Kurang
Tidak
Tidak ada
|
-
-
Ö
-
-
-
|
Ö
Ö
-
Ö
Ö
Ö
|
Tabel
4: Pembinaan Ektrakurikuler Siswa Dalam
Bidang Kesenian dan Olah raga
Fungsi dan Faktornya
|
Kondisi
Kesiapan (ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan Faktor |
|
Siap
|
Tidak
|
|||
A. Fungsi PBM
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
|
|
|
|
|
|
Tinggi
Tinggi
Tinggi
|
Cukup
Cukup Tinggi
Cukup Tinggi
|
-
Ö
Ö
|
Ö
-
-
|
2. Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
|
Mendukung
Tinggi
Tinggi
|
Kurang
Kurang
Kurang
|
-
-
-
|
Ö
Ö
Ö
|
B. Fungsi Pendukung Sarana dan Prasarana
|
|
|
||
3.
Faktor Internal
4.
Faktor ekternal
|
Tersedia/cukup
memadai
Mendukung
Mendukung
Mendukung
Tinggi
|
Kurang
Masih belum
Cuku
Kurang
Cukup
Tinggi
|
-
-
Ö
-
Ö
Ö
|
Ö
Ö
-
Ö
-
-
|
Tabel 5: Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Fungsi dan Faktornya
|
Kondisi
Kesiapan (ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan Faktor |
|
Siap
|
Tidak
|
|||
A. Fungsi PBM
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
|
|
|
|
|
|
Tinggi
Tinggi
Tersedia
|
Tinggi
Rendah
Tidak tersedia
|
Ö
-
-
|
-
Ö
Ö
|
2. Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
|
Mendukung
Tinggi |
Tinggi
Tinggi
|
-
Ö
|
Ö
-
|
TABEL 5: REHABILITASI RUANG KELAS
Fungsi dan Faktornya
|
Kondisi Kesiapan
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan Faktor |
|
Siap
|
Tidak
|
|||
A. Fungsi Pendukung
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
|
|
|
|
|
-
Kondisi ruang kelas
-
Kondisi ruang guru
-
Sanitasi/wc
-
Air bersih
-
Penerangan
-
Ruang perpustakaan
-
Laboratorium
-
Musholla
-
Penataan halaman musholla
-
Pagaran halaman
-
Kantin sekolah
|
Cukup baik
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Baik/terawat
Ada
Ada
Ada
|
Cukup
baik
baik
ada
ada
ada
ada
ada
baik
ada
ada
ada
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
-
Ö
|
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Ö
Ö
|
2.Faktor Eksternal
-
Program bantuan
-
Dana masyarakat/wali murid
-
Donor tetap
-
Iuran komite sekolah
|
Ada
Tidak ada
Tidak ada
Cukup
|
ada
Kurang
Kurang
Kurang
|
Ö
-
-
-
|
-
X
X
X
|
F. ALTERNATIF LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
- Meningkatkan prestasi belajar siswa
a.
Penambahan jam pelajaran
b.
Menyediakan buku-buku paket
c.
Menyediakan alat-alat peraga
d.
Mengadakan lomba bidang studi/cerdas cermat
- Pemberian beasiswan kurang mampu kepada 8 (delapan) orang siswa
a.
Mengusulkan pemberian beasiswa
b.
Memberikan beasiswa kepada yang berhak menerima, diutamakan wanita
- Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada bidangnya masing-masing
a.
Melaksanakan MGMP secara berkala
b.
Melaksanakan rapat khusus dalam melaksanakan PBM
c.
Mengikuti pelatihan yang diprogramkan
- Pembinaan Ektrakurikuler Siswa Dalam Bidang Kesenian dan Olah raga
a.
Pembentukan pengurus masing – masing cabang
b.
Pembelian alat – alat pendukung
- Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR)
a.
Pembentukan pengurus dan anggota dari siswa yang dianggap
berbakat.
b.
Pengadaan sarana penunjang.
- Merehabilitasi 3 ( tiga ) ruang kelas
a.
Rehabilitasi atap bangunan yang sebagian besar rusak
b.
Rehabilitasi atap gedung
c.
Mengganti kayu atap yang rusak
d.
Mengganti plafond yang rusak.
e.
Merehabilitasi lantai.
f.
Merehabilitasi lantai
g.
Menaikkan dinding bata.
G. RENCANA DAN PROGRAM PELAKSANAAN
TAHUN 2013/2014
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap
tahun
Program 1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.
Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.
Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.
Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.
Menyusun jadwal
e.
Menghitung biaya
Program 2 : Pembelian buku pelajaran dari kelas I - III
Rincian
Program :
a.
Mendata kebutuhan buku pelajaran
b.
Menghubungi penjual
c.
Melaksanakan transaksi pembelian buku
Program 3:
Melengkapi alat bantu pelajaran untuk semua mata pelajaran dari semua kelas
Rincian
Program :
a.
Mendata kebutuhan alat bantu pelajaran
b.
Menghubungi penjual
c.
Melaksanakan transaksi pembelian alat bantu pelajaran
Sasaran 2: Pembelian beasiswa kepada 8 (delapan) orang siswa
Rencana: Tiap tahun diberikan
beasiswa kurang mampu kepada 8(delapan) orang siswa
Program: Pembagian dana beasiswa
Rincian Program :
a.
Mendata siswa kurang mampu
b.
Melakukan seleksi untuk mendapatkann beasiswa yang memenuhi syarat
c.
Diutamakan anak perempuan
d.
Menyiapkan dana dari dana Loan
e.
Membagikan dana beasiswa
Sasaran 3 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada
bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan guru melalui berbagai macam
pelatihan
Program : Meningkatkan
kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.
Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan
spesialisasi
b.
Melaksanakan kegiatan MGMP
c.
Menyusun jadwal
d.
Menghitung biaya
Sasaran 4 : Terbentuknya Tim Olahraga dan Kesenian
Rencana : Pembentukan tim olahraga
dan tim kesenian.
Program : Terbentuknya satu tim
olahraga dan satu tim kesenian.
Rincian Program :
a.
Rekrutmen siswa yang berbakat dalam olah raga dan kesenian
b.
Pembentukan pengurus tim olahraga maupun tim kesenian
c.
Pembelian alat – alat olah raga dan alat-alat kesenian
d.
Membuat jadwal latihan rutin kegiatan pelatihan.
Sasaran 5 : Pembinaan Karya
Ilmiah Remaja (KIR)
Rencana : Pembinaan Karya Ilmiah
Remaja (KIR)
Program : Pembinaan Karya Ilmiah
Remaja (KIR)
Rincian Program :
a.
Rekrutmen siswa yang berprestasi dan berbakat.
b.
Penunjukan guru pembimbing.
c.
Pembelian sarana pendukung.
d.
Membuat jadwal rutin kegiatan pembinaan.
Sasaran
5: Merehabilitasi ruang kelas
Rencana : Merehabilitasi 5(lima)
ruang kelas.
Program : Melaksanakan
rehabilitasi ruang kelas
Rincian Program :
a.
Membentuk panitia pelaksanan rehab
b.
Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
c.
Menghitung biaya
d.
Evaluasi dan pelaporan kegiatan
TAHUN 2013/2014
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap
tahun
Program 1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.
Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.
Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.
Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.
Menyusun jadwal
e.
Menghitung biaya
Program 2 :
Pembelian buku pelajaran dari kelas I - III
Rincian
Program :
a.
Mendata kebutuhan buku pelajaran
b.
Menghubungi penjual
c.
Melaksanakan transaksi pembelian buku
Program 3:
Melengkapi alat bantu pelajaran untuk semua mata pelajaran dari semua kelas
Rincian
Program :
a.
Mendata kebutuhan alat bantu pelajaran
b.
Menghubungi penjual
c.
Melaksanakan transaksi pembelian alat bantu pelajaran
Sasaran 2: Pemberian beasiswa kepada 7 (tujuh) orang siswa
Rencana : Tiap tahun diberikan
beasiswa kurang mampu kepada 25 (dua puluh lima) orang siswa
Program: Pembagian dana beasiswa
Rincian Program :
a.
Mendata siswa kurang mampu
b.
Melakukan seleksi untuk mendapatkann beasiswa yang memenuhi syarat
c.
Diutamakan anak perempuan
d.
Menyiapkan dana dari dana Lain
e.
Membagikan dana beasiswa
Sasaran 3 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada
bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan
guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan
kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.
Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan
spesialisasi
b.
Melaksanakan kegiatan MGMP
c.
Menyusun jadwal
d.
Menghitung biaya
Sasaran
4: Merehabilitasi ruang kelas, dan sanitasi/wc
Rencana : Merehabilitasi 3 ruang kelas
Program : Melaksanakan
rehabilitasi ruang kelas
Rincian Program :
a.
Membentuk panitia pelaksanan rehab
b.
Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
c.
Menghitung biaya
d.
Evaluasi dan pelaporan kegiatan
TAHUN 2013/2014
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap
tahun
Program 1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.
Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.
Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.
Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.
Menyusun jadwal
e.
Menghitung biaya
Program 2 :
Pembelian buku pelajaran dari kelas I - III
Rincian Program
:
a.
Mendata kebutuhan buku pelajaran
b.
Menghubungi penjual
c.
Melaksanakan transaksi pembelian buku
Program 3: Melengkapi alat bantu pelajaran untuk semua mata
pelajaran dari semua kelas
Rincian
Program :
a.
Mendata kebutuhan alat bantu pelajaran
b.
Menghubungi penjual
c.
Melaksanakan transaksi pembelian alat bantu pelajaran
Sasaran 2: Pembelian beasiswa kepada 7 (tujuh) orang siswa
Rencana : Tiap tahun diberikan
beasiswa kurang mampu kepada 7 (tujuh)orang siswa
Program: Pembagian dana beasiswa
Rincian Program :
a.
Mendata siswa kurang mampu
b.
Melakukan seleksi untuk mendapatkann beasiswa yang memenuhi syarat
c.
Diutamakan anak perempuan
d.
Menyiapkan dana dari dana Loan
e.
Membagikan dana beasiswa
Sasaran 3 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada
bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan
guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan
kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.
Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan
spesialisasi
b.
Melaksanakan kegiatan MGMP
c.
Menyusun jadwal
d.
Menghitung biaya
Sasaran
4: Terpenuhinya ruang belajar dan perlengkapannya
Rencana : Memelihara dan
melengkapi sarana dan prasarana sekolah
Rincian Program :
a.
Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
b.
Menghitung biaya
c.
Evaluasi dan pelaporan kegiatan
TAHUN 2014/2015
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap
tahun
Program 1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.
Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.
Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.
Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.
Menyusun jadwal
e.
Menghitung biaya
Sasaran 2 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada
bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan
guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan
kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.
Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan
spesialisasi
b.
Melaksanakan kegiatan MGMP
c.
Menyusun jadwal
d.
Menghitung biaya
Sasaran
3: Terpenuhinya ruang belajar dan perlengkapannya
Rencana : Memelihara dan
melengkapi sarana dan prasarana sekolah
Rincian Program :
a.
Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
b.
Menghitung biaya
c.
Evaluasi dan pelaporan kegiatan
TAHUN 2015/2016
Sasaran 1 : Meningkatkan prestasi belajar siswa
Rencana : Peningkatan prestasi belajar siswa setiap
tahun
Program 1 : Membangkitkan motivasi belajar siswa
a.
Membentuk kelompok belajar terbimbing
b.
Memberikan les (jam pelajaran tambahan)
c.
Menyelenggarakan lomba bidang studi/cerdas cermat
d.
Menyusun jadwal
e.
Menghitung biaya
Sasaran 2 : Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran pada
bidangnya masing-masing
Rencana : Peningkatan kemampuan
guru melalui berbagai macam pelatihan
Program : Meningkatkan
kualifikasi, motivasi dan partisipasi
Rincian Program :
a.
Mendata guru yang belum memenuhi kualifikasi dan bukan
spesialisasi
b.
Melaksanakan kegiatan MGMP
c.
Menyusun jadwal
d.
Menghitung biaya
Sasaran 3:
Terpenuhinya ruang belajar dan perlengkapannya
Rencana : Memelihara dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah
Rincian Program :
a.
Melaksanakan kegiatan rehabilitasi
b.
Menghitung biaya
c.
Evaluasi dan pelaporan kegiatan
II. PROGRAM JANGKA PENDEK
Dalam Tahun Pelajaran 2013/2014 secara umum kegiatan yang
diupayakan adalah :
1. Bidang lingkungan Madrasah
Mengupayakan
terwujudnya lingkungan madrasah yang memadai sesuai dengan kebutuhan,
lingkungan madrasah yang ASRI dan rindang, terciptanya 6 K serta tersedianya
data statistik yang lengkap dan akurat
2. Bidang Kurikulum
Out put
madrasah memperoleh nilai ujian nasional yang dapat menyamai madrasah lainnya
di tingkat Kabupaten Lombok Tengah
3. Bidang Kesiswaan
Terciptanya
suasana belajar dikalangan siswa yang harmonis serta dapat terpanguh terhadap
pandangan masyarakat yang lebih maju menuju suatu pandangan bahwa bersekolah
adalah merupakan suatu keputusan bagi putra putrinya diamasa yang akan datang
4. Bidang Ketenagaan
Terwujudnya
tenaga pendidik yang professional dan karyawan yang paripurna baik kwantitas
maupun kwalitas
5. Bidang Sarana dan Prasarana
Tersedianya
ruang belajar, ruang kantor, ruang multimedia, ruang laboraturium, ruang
perpustakaan, sarana olah raga, sarana seni dan budaya serta fasilitas lainnya
yang mendukung kegiatan belajar mengajar
6. Bidang Keuangan
Tersedianya
sumber dana baik dari Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) dan bantuan –bantuan
lainnya.
7. Bidang Hubungan Masyarakat
Terciptanya
hubungan yang baik dan harmonis dengan komite madrasah, masyarakat sekitar,
Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, Kemenag Kabupaten, Dinas P dan K Kab. Loteng
pihak-pihak lain yang relevan yang didasari oleh hubungan yang bernuansa kekeluargaan
8. Bidang Pelaporan
Terselenggaranya laporan bulanan, tri wulan dan tahunan dengan
lancar serta didukung oleh data yang lengkap dan akurat
BAB III
POKOK-POKOK PROGRAM KEGIATAN TP.
2013/2014
1. PROGRAM UMUM
1. Kegiatan pengembangan fisik madrasah dan lingkungannya yang
akan diusulkan melalui proyek Departemen
Kementerian Agama RI TA. 2013/2014. yang
disusun dalam bentuk RAPBM adalah :
1.a. melanjutkan rehabilitasi ringan 3 ( tiga )
lokal ruang belajar
1.b. peningkatan mutu dalam bentuk :
a.
pengadaan buku pegangan
siswa dan referensi perpustakaan
b.
melengkapi media pembelajaran, sarana dan prasarana olah raga,
seni dan budaya
c.
memberikan layanan out reach dan pemberian bea siswa bagi anak
yang kurang mampu
d. implementasi SBM / MBS
2. Kegiatan pembinaan dan pelaksanaan
2.a.
peningkatan pelaksanaan penghijauan lingkungan madrasah, pemeliharaan
kebersihan dan keindahan madrasah.
2.b. pembinaan penerapan nilai-nilai kehidupan
akhlaqul karimah di lingkungan madrasah
2.c. penyusunan tata tertib madrasah dan
mengupayakan terlaksananya tata tertib tersebut secara maksimal
2.d. peningkatan kreatifitas dikalangan siswa,
guru-guru dan staf
3. Statistik dan Pendataan
Peningkatan pengadaan sumber data statistic yang lengkap dan
akurat. Hal-hal yang perlu dilaksanakan
:
3.a. melengkapi data dan
statistic madrasah yang masih kurang
3.b. menyusun data-data tentang kependidikan agar dapat
ditampilkan sebagai suatu informasi
3.c. melengkapi sarana data
dan statistic yang diperlukan ( papan data )
4. Kegiatan Upacara Bendera
a.
Upacara bendera diikuti oleh semua siswa, guru dan staf tata usaha
pada setiap hari senin pagi serta hari-hari besar Nasional.
b.
Pembina Upacara dilaksanakan secara bergilir diantara Dewan Guru.
c.
Petugas Upacara agar dipersiapkan terlebih dahulu dikalangan
siswa dan dilakukan secara bergiliran
untuk semua kelas.
Ø Melatih siswa untuk bersikap
disiplin, tangguh, tanggap, serta memupuk rasa patriotisme dan heroisme yang
tinggi.
Ø Mempersiapkan siswa untuk
mengikuti berbagai jenis kegiatan lomba (Upacara, olah raga, kesenian dan
lain-lai)
Ø Memupuk rasa percaya diri
dikalangan para siswa
A.
PROGRAM KURIKULUM
1.
Menyusun program kegiatan GBS/GMP
Penyusunan program kegiatan
GBS/GMP dilakukan pada setiap awal semester pada setiap tahun pelajaran yang
terdiri dari :
a.
Penyusunan Program SP
b.
Penyusunan Program silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
c.
Penyusunan Program Kisi-kisi
d.
Penyusunan Program Remedial Teaching dan tindak lanjut
e.
Penyusunan Program BP
f.
Penyusunan Program Evaluasi
g.
Penyusunan Program OSIM
2.
Penyusunan Jadwal Pelajaran
Penyusunan
jadwal Pelajaran dilaksanakan setiap awal Semester oleh wakamad, Kurikulum,
penyusunan jadwal pelajaran tahun pelajaran 2013/2014 bertitik tolak pada
Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2013/2014 yang dimulai dari tanggal 04 Juli
2013 s.d Tanggal 21 Juli 2014. Jadwal pelajaran Tahun Pelajaran 2013/2014
terlampir.
3.
Pelaksanaan Proses Kegiatan Belajar Mengajar
Proses belajar mengajar untuk
tahun pelajaran 2013/2014 direncanakan dimulai tanggal, 04 Juli 2013 dan
berakhir tanggal 21 Juli 2014. target yang ingin dicapai dalam tahun pelajaran
2013/2014 adalah mengupayakan pada setiap semester target pencapaian kurikulum
100% dan tarap serap 100% serta tarap serap minimal 85%.
Untuk mewujudkan target diatas,
maka usaha-usaha yang dilaksanakan adalah :
a.
Memberikan pembinaan dan pengarahan pada semua guru dalam membuat
program, satuan pelajaran, alat evaluasi.
b.
Pembinaan terhadap semua guru-guru melalui MGMP/MGPS
c.
Pembinaan terhadap semua guru-guru melalui penataran atau diskusi
d.
Pembinaan melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM)
e.
Memberikan motivasi dan memantau secara berkesinambungan
pelaksanaan proses belajar mengajar
f.
Melaksanakan kegiatan evaluasi formatif, sub. Formatif, mid
sumatif, dan sumatif sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan dalam
kalender pendidikan Madrasah.
g.
Melengkapi alat dan sumber belajar mengajar seperti alat peraga,
buku acuan dan lain sebagainya
4.
Kegiatan Extra Kurikuler
Disamping kegiatan intra
kurikuler, ke kurikuler, masih diperlukan juga kegiatan penunjang lainnya yaitu
kegiatan Extra kurikuler.
Jenis kegiatan extra kurikuler
dimaksud antara lain adalah :
a.
Pembinaan Kepramukaan, olah raga, kesenian dan lain-lain.
b.
Mengirim guru-guru untuk mengikuti pendidikan dan latihan
pembinaan
5.
Pembinaan Mata Pelajaran
Dalam rangka upaya pembinaan dan
pengembangan mata pelajaran kearah peningkatan mutu dan kwalitas yang lebih
baik akan diusahakan hal-hal sebagai berkut :
a.
Memberikan pembinaan terhadap guru-guru yang masih belum
berpengalaman.
b.
Melaksanakan kegiatan ko kurikuler secara berprogram dan terpadu.
c.
Mengintensifkan kelompok guru-guru mata pelajaran sejenis.
d.
Menintensifkan Kelompok Kerja Madrasah (KKM).
e.
Melengkapi buku acuan baik untuk murid maupun guru.
6.
Kegiatan Evaluasi.
Untuk menilai sejauh mana prestasi
hasil belajar maupun proses belajar, maka perlu diadakan serangkaian kegiatan
evaluasi yang terdiri dari :
a.
Evaluasi formatif/ harian
b.
Evaluasi sub sumatif/ bulanan
c.
Evaluasi/ ulangan harian/ ujian blok dan mid semster
-
Evaluasi formatif dialokasikan oleh masing-masing guru mata
pelajaran.
-
Evaluasi sub sumatif disamping dialokasikan oleh masing-masing
guru juga diadakan kegiatan sub sumatif bersama.
-
Evaluasi sumatif/ semester dilaksanakan pada akhir semester.
Khusus siswa kelas III akan diselenggarakan
kegiatan Ujian Nasional ( UN ). Yang diperkirakan pelaksanaannya pada tanggal,
24 Maret s/d 08 Mei 2014.
Pelaksanaan kegiatan evaluasi
dimana hasilnya akan dijadikan dasar sebagai :
a.
Mengisi buku raport bagi siswa kelas I dan II
b.
Memantau tarap serap siswa
c.
Bahan laporan semester untuk kelas I dan II
d.
Bahan laporan UN untuk kelas III
e.
Penetuan kenaikan kelas untuk kelas I dan II
f.
Umpan balik/ fit baik bagi guru dalam memperbaiki proses belajar
mengajar.
7.
Pengolahan Nilai dan Pembagian Raport Semester.
Setiap akhir semester diadakan
pengolahan nilai untuk bahan pengisian raport yang dilaksanakan oleh wali kelas
dengan pengawasan Kepala Madrasah.
Hasil pengolahan nilai ini akan
didokumentasikan kedalam buku leger dan dipindahkan kedalam buku induk dan buku
raport.
8.
Kegiatan Ujian Nasional.
Kegiatan Ujian Nasional yang
diperkirakan pelaksanaannya pada tanggal 24 Maret s/d 08 Mei 2014, maka
kegiatan yang perlu dipersiapkan antara lain :
a.
Pendaftaran calon peserta pada awal bulan September – Oktober + Desember
tahun 2013.
b.
Pengolahan nilai UAM dan UAMBN.
c.
Penentuan kelulusan.
d.
Penilaian STTB/ SKHUN.
e.
Laporan pelaksanaan UN dan UAM, UAMBN.
9.
Kegiatan Rapat Guru/ Wali Kelas/ Staf.
Kegiatan rapat dewan guru/ wali
kelas dan staf diadakan setiap awal Tahun Pelajaran atau setiap saat yang
diperlukan.
Kegiatan rapat antara lain
dilaksanakan untuk :
a.
Menyiapkan informasi.
b.
Memberikan pengarahan dan evaluasi terhadap dewan Guru.
c.
Menghimpun bahan masukan.
d.
Menetapkan ketetapan-ketetapan.
e.
Menetapkan kebijakan dan tindak lanjut.
10.
Kegiatan MGMP/ MGBS.
Dalam rangka meningkatkan kwalitas
dan profesi guru, maka perlu dibentuk wadah/ saran MGMP/ MGBS semua bidang
studi.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan
koordinasi dan kerja sama dalam KKM serta Pengawas Pendidikan.
11.
Kegiatan BP/ BK.
Dalam rangka membantu para siswa
dalam memahami potensi dirinya serta membantu mereka dalam menyelesaikan
masalahnya, maka diperlukan kegiatan BP/ BK yang dilaksankan secara terpadu,
kontinyu dan terprogram.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh
guru BP/ BK bekerja sama dengan guru dan wali kelas, orang tua/ wali murid,
pihak-pihak terkait dibawah pengawasan dan bimbingan serta tanggung jawab
Kepala Madrasah.
12.
Kegiatan Supervisi dan Monitoring.
Kegiatan supervisi dan monitoring
ini dilaksanakan oleh :
a.
Kepala Madrasah, dalam rangka upaya :
- Memantau
dan memonitor program guru-guru, alat evaluasi, satuan pelajaran dan lain-lain
- Pembinaan dalam menganalisa soal.
-Pembinaan
dalam mengadakan remedial teching dan tindak lanjut kegiatan ini dilakksanakan
pada awal tahun pelajaran dan awal program semester.
b.
Pengawas Pendidikan :
Dilaksanakan pada awal tahun
pelajaran, setiap semester, akhir tahun, pelaksanaan UAM, UAMBN dan UN dan
waktu-waktu yang diperlukan.
Kegiatan ini ditujukan untuk
keseluruhan aparat pendidikan di Madrasah (Kepala Madrasah, guru-guru dan
staf).
Kegiatan supervisi dan monitoring
Kepala Madrasah lainnya adalah :
c.
Melaksanakan supervisi dan monitoring terhadap prestasi kerja dan
kemampuan guru-guru yang meliputi :
-
Kegiatan kunjungan kelas
-
Pengarahan umum
-
Pertemuan bulanan
-
Pertemuan mingguan
-
Pertemuan pribadi
d.
Memantau pelaksanaan evaluasi dan remedial teaching yang meliputi
:
-
Memantau pelaksanaan evaluasi sub sumatif
-
Memantau pelaksanaan penyusunan dan analisa soal
-
Memantau pelaksanaan evaluasi sumatif
-
Memantau pelaksanaan remedial teaching
B.
PROGRAM KESISWAAN
1.
Penerimaan siswa baru :
Penerimaan siswa baru didasarkan
atas SK. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTB. Nomor : ____________/ 2011,
tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru Tahun 2013/2014.
Adapun kegiatan yang berhubungan
dengan siswa baru sebagai berikut :
a.
Membentuk Panitia Penerimaan Siswa Baru Tahun 2013/2014.
b.
Menetapkan daya tampung Madrasah untuk kelas I sejumlah 28 orang.
Perhitungan ini didasarkan atas
jumlah lokal yang tersedia dan kesiapan tenaga guru.
c.
Kegiatan hari-hari pertama masuk sekolah tahun pelajaran 2013/2014
dimulai tanggal 04 Juli 2013
Kegiatan masuk dibagi menjadi :
d.
Untuk kelas I :
-
Kegiatan orientasi/ pengenalan lingkungan Madrasah tanggal 01 – 03
Juli 2013.
e.
Untuk kelas II dan III
-
Pada hari-hari pertama mengatur, membersihkan ruang belajar dan
halaman Madrasah.
-
Pada hari berikutnya pembagian kelas, mencatat jadwal pelajaran,
selanjutnya belajar sebagimana biasanya.
Adapun pengelolaan setiap kelas
ditunjuk seorang guru sebagai wali kelas yang di tetapkan dengan Surat
Keputusan Kepala Madrasah.
Selanjutnya masing-masing kelas
dibentuk pengurus dan komisaris kelas yang dipimpin oleh wali kelas
masing-masing.
2.
Pengisian Buku Induk :
Pengisian buku induk siswa ditangani
oleh seorang pegawai tata usaha, yang ditunjuk dalam pembagian tugas staf.
Kegiatannya adalah :
a.
Mencatat identitas siswa berdasarkan data lengkap siswa termasuk
perolehan nilaii semester.
b.
Mencatat identitas siswa berdasarkan urut abjad/ klapper.
c.
Petugas pengisian buku induk dibantu oleh wali kelas.
3.
Absensi dan Mutasi Siswa :
Absensi dan mutasi siswa
dilaksanakan oleh Staf Tata Usaha urusan kesiswaan dibantu oleh wali kelas
masing-masing.
Rekapitulasi absensi dan mutasi
dibuat laporannya setiap bulan.
4.
pemantapan kegiatan 6 K ( Keamanan, Kebersihan, Ketertiban,
Keindahan, kekluargaan, dan Kerindangan )
Kegiatan yang akan dilaksanakan :
a.
Pembinaan pemahaman kepada seluruh aparat madrasah, para siswa dan
masyarakat sekitar melalui berbagai kesempatan dan pertemuan.
5.
Pembinaan kegiatan Ekstra Kurikuler :
a.
Peningkatan Kegiatan kepramukaan, Koperasi Madrasah.
b.
Pembinaan kegiatan UKS, Olah raga prestasi, kesenian dan
lain-lain.
6.
Pembentukan dan pengelolaan OSIM :
Kegiatan yang akan dilaksanakan
melalui wadah OSIM :
a.
Meningkatkan kretifitas siswa dalam berbagai bidang, baik yang
bersifat intra maupun ekstra kurikuler.
b.
Menugaskan pembina OSIM agar mengarahkan siswa secara intensif dan
berkesinambungan.
c.
Memberikan kesempatan kepada pengurus OSIM untuk menangani
berbagai kegiatan dalam upaya mereka melatih diri berorganisasi dan memimpin.
d.
Menetapkan guru pembina OSIM dan kepengurusan OSIM dengan Surat
Keputusan Kepala Madrasah.
C.
PROGRAM KETENAGAAN.
Kegiatan yang hendak dilaksanakan
adalah :
1.
Perencanaan dan Pembinaan Tenaga Guru dan Staf :
a.
Mengupayakan penambahan tenaga guru dan staf administrasi melalui
reqruitment ( pengusahaan tenaga guru dan staf serta attraction ( penarikan )
tenaga baik kwantitas maupun kwalitas sehingga diperoleh hasil pelayanan yang
sebesar-besarnya.
b.
Peningkatan mutu dan kwalitas tenaga pengajar serta tenaga staf
melalui tenaga pelatihan ( Inservice training ), kegiatan sanggar PKGI/ MGMP/
MGBS.
c.
Mendorong semua personal madrasah untuk meningkatkan mutu
profesional dengan jalan ; Penataran, Loka Karya, Temu karya, Konperensi,
Ceramah dan Diskusi.
2.
Pembagian Tugas Guru dan Staf :
Pembagian tugas guru dan staf
dilaksankan pada awal tahun pelajaran serta ditetapkan dengan Surat Keputusan
Kepala Madarasah Pembagian Tugas Guru dilaksanakan tanggal 15 Juli 2011.
Pembagian tugas ini akan terinci
pada lampiran pada program ini.
3.
Penetapan Struktur Organisasi Madrasah :
Penetapan struktur organisasi
madrasah akan disesuaikan dengan kondisi perkembangan Madrasah serta
dilaksanakan pada awal tahun pelajaran.
Struktur organisasi Madrasah
ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah setelah memperoleh masukan
dari semua aparat melalui forum rapat.
4.
Pembinaan Karier dan Profesi :
Upaya yang dilaksanakan :
a.
Meningkatkan motivasi diri dari para guru dan staf untuk berkarya
sebaik-baiknya
b.
Memberikan peluang dan kesempatan kepada guru untuk menambah
keahlian dan kecakapannya melalui inservice training (istilah jabatan) dan
lain-lain, sehingga terbuka kesempatan untuk promotion (kenaikan pangkat dan
jabatan).
c.
Membangun semangat kerja serta mencintai pekerjaannya dengan
melakukan penilaian secara periodik (berkala) dan teratur untuk menambah hasil
kerja.
5.
Melaksanakan Pengisian DP.3 :
a.
Di laksanakan pada setiap akhir tahun yaitu pada bulan Desember
bagi semua tenaga guru tetap dan karyawan tata usaha.
b.
Pemberian nilai agar diupayakan se obyektif mungkin sesuai dengan
hasil kerja masing-masing.
D.
PROGRAM SARANA DAN PRASARANA.
1.
Diupayakan penambahan 1 ( Satu ) unit ruangan perpustakaan dan ketrampilan serta Aula/
balai pertemuan guru tahun anggaran 2013/2014
2.
Diupayakan penambahan alat-alat perkantoran komputer, mesin
stensil, fasilitas dan alat-alat pendukung lainnya.
3.
Diupayakan pengembangan dan pemeliharaan fisik dan lingkungan
Madrasah Tahun 2013/2014.
a.
Pembuatan dan pemasangan Papan Nama Madrasah.
b.
Penataan dan pembuatan taman-taman Madrasah.
c.
Pemasangan kode ruangan kelas dan sarana lainnya.
4.
Rahabilitasi, pengadaan dan
pemeliharaan perlengkapan administrasi Madrasah, alat-alat kantor, perpustakaan
dan kelas :
Kegiatan yang akan dilaksanakan:
a.
Penambahan buku pegangan guru dan murid.
b.
Pengadaan buku klapper.
c.
Pengadaan kertas- kertas untuk surat menyurat perkantoran.
d.
Pengadaan buku-buku perpustakaan Madrasah
5.
Penataan halaman Madrasah :
Kegiatan yang akan diupayakan
adalah :
a.
Pembuatan dan perawatan taman, perataan halaman serta penanaman
pohon pelindung.
b.
Melakukan kegiatan kebersihan lingkungan Madrasah oleh seluruh
siswa baik secara bergiliran maupun kelompok.
E.
PROGRAM BIDANG KEUANGAN.
1.
Penyusunan RAPBM.
Rancana Anggaran dan Belanja
Madrasah disusun atas dasar dana yang tersedia, yang merupakan pemasukan dari
anggaran BOS akan dimanfaatkan se optimal mungkin sesuai dengan aturan yang
berlaku.
2.
Pertanggung jawaban Keuangan.
Pertanggung jawaban penggunaan
keuangan dilakukan oleh bendaharawan bersama Kepala Madrasah serta disampaikan
kepada pihak-pihak terkait.
Besarnya dan sumbangan ditetapkan
melalui rapat Komite Madrasah bersama orang tua/ wali murid.
F.
PROGRAM HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KESEJAHTERAAN.
1.
Penyelenggaraan rapat Komite.
Penyelenggaraan rapat komite
dilakukan setiap awal tahun pelajaran. Maksud penyelenggaraan rapat komite
disamping sebagai media komunikasi antara guru dan wali murid dalam
membicarakan berbagai permasalahan siswa juga adalah untuk menetapkan wujud
partisipasi orang tua dalam pengelolaan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul
Hidayah NW Londar Desa Loang Maka Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah.
2.
Pembinaan hubungan dengan komite, KKM, dan Instansi terkait yang
relevan.
a.
Hubungan dengan komite dengan wujud partisipasi orang tua dalam
menyelesaikan permasalahan siswa serta bantuan pengelolaan pendidikan.
b.
Hubungan dengan KKM dalam wujud penyaluran informasi dan pembinaan
dari atas ke bawah atau sebaliknya.
c.
Hubungan dengan Instansi yang reloevan khususnya Kanwil Depag,
Kandepag dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
3.
Upaya peningkatan Kesejahteraan Guru dan Staf.
Kegiatan- kegiatan yang akan
dilakukan antara lain:
a.
Meningkatkan modal kesejahteraan guru dan staf.
b.
Meningkatkan volume arisan guru dan staf.
c.
Mengadakan anjangsana/ kunjungan/ silaturrahmi ke warga Madrasah.
d.
Pemberian dorongan semangat terhadap guru, tenaga tekhnis dan
tenaga tata laksana untuk menambah pengetahuan dan keterampilan, pemberitahuan
kenaikan gaji berkala/ kenaikan pangkat/ promosi jabatan dan lain-lain.
e.
Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti kegiatan
amal bhakti, gerakan koperasi dan lain-lain.
G.
PROGRAM PELAPORAN.
1.
Laporan pencapaian target kurikulum, daya serap dan ketuntasan
belajar pada setiap akhir pelaksanaan semester.
2.
Laporan pengumpulan nilai, UAM, UAMBN dan UN tentang NEM pada
setiap setiap akhir pelaksanaan UAM, UAMBN dan UN.
3.
Laporan keadaan siswa, guru dan staf (prestasi, presensi dan
prosentase dilaksanakan pada setiap akhir/ awal bulan)
4.
Laporan peserta UAM, UAMBN dan UN 3 ( Tiga ) bulan sebelum
pelaksanaannya
5.
Laporan penyusunan RAPBM dilaksanakan pada awal tahun pelajaran.
6.
Laporan pertanggung jawaban RAPBM dilaksanakan pada akhir tahun
pelajaran.
7.
Laporan pelaksanaan UAM, UAMBN dan UN dilaksanakan pada akhir
pelaksanaannya.
8.
Laporan penerimaan siswa baru dilaksanakan pada awal tahun
pelajaran.
BAB IV
P E N U T U P
A.
KESIMPULAN
Demikian penyusunan Program kerja tahunan
Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah NW Londar tahun pelajaran 2013 - 2014 ini
dapat terselesaikan dengan baik dalam bentuk sedemikian rupa, kiranya dapat
dijadikan pegangan bagi seluruh aparat Madrasah dalam mengelola
menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Madarasah sehingga dapat tercapai tujuan
pendidikan secara bertahap dan berkesinambungan. Cita-cita pemerintah dan masyarakat dapat terpadu dan berpacu
dalam membangun Nusa dan Agama, mencerdaskan kehidupan bangsa.
B.
SARAN – SARAN.
a.
Keberhasialan pembangunan pedidikan sangat ditentukan oleh peran
serta dan partisipasi semua pihak khususnya para pengelola pendidikan di
Madrasah Tsanawiyah Ibadurrahman Tibu Sisok disamping dan masyarakat.
b.
Marilah kita semua bersama-sama mengabdikan diri dengan penuh
keikhlasan serta memberikan apa yang terbaik yang ada pada diri kita
masing-masing demi Agama, Nusa dan bangsa, meski kita semua merasa mengalami
kekurangan namun kita harus hadapi dengan penuh kelapangan dada dsan hati serta
jiwa besar.
c.
Orang-orang besar didunia hanya muncul dari kalangan mereka yang
sanggup ditahan dan diterpa oleh angin topan dan badai serta berbagai rintangan
dalam kehidupan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar